Soal Covid-19, Fraksi Gerindra Bakal Surati Plt Bupati Cianjur

Soal Bansos, Fraksi Gerindra: Pakai Lambang Daerah, Bukan Nama atau Stiker Wajah Pribadi
Ketua Fraksi Gerindra, Prasetyo Harsanto.(foto/ist)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur, Prasetyo Harsanto mengaku dalam waktu dekat akan mengirimkan surat kepada Plt Bupati Cianjur Herman Suherman terkait penanganan Covid-19.

Diungkapkannya, surat tersebut nantinya berisi tiga poin yang menyoroti persoalan perlindungan terhadap buruh, anggaran Rp100 miliar untuk penanganan Covid-19 serta meminta rincian penggunaan anggaran Rp100 miliar.

Poin pertama, jelas Prasetyo, Fraksi Gerindra meminta Plt Bupati melalui Disnaker memberikan perlindungan terhadap buruh yang masih bekerja di pabrik-pabrik. Termasuk penanganan migrasi atau mudik dari zoba merah ke Cianjur.

Baca Juga:Warga Mekarmulya Cikalongkulon Sujud Syukur Rumahnya Selesai Direnovasi Satgas TMMD CianjurItda Terjunkan 9 Petugas Periksa Dana Pelesiran Pejabat Perumdam Cianjur ke Eropa

“Bukan itu saja, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) juga harus memonitoring sekaligus membimbing kepala desa di dalam penganggaran dana desa yang sampai saat ini belum ada payung hukumnya agar ditengah Pandemi Korona, perekonomian masyarakat desa bisa tetap tumbuh,” katanya kepada cianjurekspres.net, Selasa (14/4/2020).

Disisi lain, Fraksi Gerindra mengingatkan Dinas Sosial dan Diskoperdagin untuk menangani UMKM bangkrut atau gulung tikar akibat dampak Covid-19.

“Khusus Dinsos, informasi yang kami terima akan ada 100 ribu orang akan masuk dalam garis kemiskinan,” ujar Prasetyo.

Begitu juga dengan Dinas Kesehatan, menurutnya, masih ada kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD), rapid test dan sebagainya untuk tenaga medis.

Sedangkan poin kedua, Prasetyo menegaskan di tengah keterbatasan fiskal, Fraksi Gerindra mengapresiasi Plt Bupati sudah mengalokasikan anggaran Rp100 Miliar untuk penanganan Covid-19.

“Kami pastikan, Fraksi Gerindra akan hadir dalam fungsi pengawasan agar dana tersebut tidak mubazir dan tepat sasaran,” katanya.

Terakhir, poin ketiga, Fraksi Gerindra kata Prasetyo, akan terus meminra rincian penggunaan anggaran dan informasi secara berkala tentang progres penanganan Covid-19 ke Plt Bupati Cianjur.

Baca Juga:Uang KPM Program Sembako Diduga Jadi BancakanRombongan Komisi D Cianjur Dicek Suhu Tubuh saat Monitoring Fasilitas Kesehatan Pabrik

“Penanganan Covid-19 harus terencana berbasis data. Jangan sampai ada kepentingan lain, selain kepentingan untuk masyarakat,” pungkasnya.(Herry Febriyanto)

0 Komentar