Hati-hati Akun Facebook Palsu Herman Suherman

Hati-hati Akun Facebook Palsu Herman Suherman
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Penipuan lewat sosial media kian marak, modus yang banyak dilakukan adalah dengan membuat akun-akun palsu/kloningan dengan nama dan foto menyerupai akun tokoh yang cukup dikenal publik.
Kemudian membuat pertemanan dan menghubungi akun lain lewat Facebook messenger, meminta nomor handphone kemudian meminta nomor yang dikirim ke nomer target, nomor tersebut adalah kode OTP dari akun mobile banking, Gopay, atau Ovo.
Kali ini yang menjadi korbannya adalah Plt Bupati Cianjur Herman Suherman. Dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (1/3/2020), nama dan fotonya dicatut oleh penipu. Mengetahui hal itu, Herman Suherman melakukan klarifikasi lewat sosial medianya.
Assalamualaikum Wr Wb, Kepada masyarakat Cianjur saya himbau agar berhati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan akun saya di Facebook.
“Saya mendapatkan laporan ada sebuah akun yang dibuat mirip dengan akun facebook saya, kemudian mengirimkan pesan kepada masyarakat Cianjur,” 
“Akun facebook saya yang aktif saat ini adalah fanpage atas nama Herman Suherman, dan memiliki centang biru sebagai bukti keaslian,”
“Jika ada yang merasa dirugikan dengan tindakan pelaku yang memalsukan akun saya tersebut, apalagi ada kerugian materi, silahkan laporkan di kolom komentar untuk kita bantu laporkan dan usut ke pihak yang berwajib,”

Modus serupa juga pernah dialami praktisi PR Prita Kemal Gani. Prita juga melakukan klarifikasi lewat akun sosial media nya yang asli. Dia menyampaikan bahwa ada akun sosial media yang menggunakan namanya, meminta sumbangan sosial dan mentransfer ke nomer rekening tertentu.(rls)*

0 Komentar