Diskoperdagin Cianjur akan Gelar Expo UMKM 2021

Diskoperdagin Cianjur akan Gelar Expo UMKM 2021
0 Komentar

CIANJUR – Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur akan menggelar ajang kompetisi bertajuk Expo UMKM 2021.

“Rencananya di 2021, kalau tahun sekarang sementara belum ada, karena kita juga disibukkan dalam event pameran rutinan di pusat,” kata Kepala Bidang Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah, Diskoperdagin Cianjur, Indra Sunggara kepada cianjureskpres.net, Sabtu (1/2/2020).

Indra mengatakan, sebanyak 100 UMKM dari 32 kecamatan akan dipilih untuk kemudian di seleksi lagi menjadi 50 UMKM hingga terpilih 3 UMKM untuk memenangkan penghargaan.

Baca Juga:Pengambilan Formulir Balon Kepala Daerah Demokrat Cianjur Ditutup, Total 13 NamaKonsep Retana Cianjur Jadi Contoh Daerah Lain

Seratus UMKM yang terpilih terlebih dahulu akan diberikan pelatihan dan pembinaan selama tiga hari mengenai konsep dan teori-teori kewirusahaan untuk menunjang keahlian pada saat kompetisi dan pameran UMKM dimulai.

“Kalau sudah ditentukan, nanti kami ikut sertakan untuk pelatihannya, diberikan wawasan, teori,supaya nanti para pelaku usaha ini punya konsep yang matang,” tutur dia.

Setelah dilakukan pelatihan, para pelaku UMKM terpilih yang sudah terkonsep akan diberikan bantuan usaha berupa modal, dukungan untuk selanjutnya dilombakan pada sesi berikutnya.

“Kalau sudah punya konsep yang matang selama pelatihan itu nanti kami bantu modal usahanya, nah dari 100 UMKM ini kita selektif lagi menjadi 50 UMKM,” paparnya.

Tahapan pendaftaran, seleksi dan kompetisi akan digelar pada awal tahun dan dilanjutkan dengan pameran UMKM pada pertengahan tahunnya.

“Sehingga pada akhir tahun nanti setelah kompetisi dan pamerannya dilaksanakan, akan kami berikan pengahargaan untuk ketiga pelaku UMKM yang terpilih,”pungkasnya.(rid/hyt)

0 Komentar