Jabar Waspada dan Siaga Virus Corona

Jabar Waspada dan Siaga Virus Corona
(Foto: Tatang/Humas Jabar)
0 Komentar

CIMAHI – Jawa Barat waspada penyebaran novel coronavirus (2019-nCov). Presiden RI, Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendatangi sejumlah puskesmas di Kota Cimahi, Rabu (20/1/2020).
Emil, sapaan akrabnya, menyebut Pemerintah Provinsi Jabar sudah siaga satu dalam mengantisipasi tersebarnya virus corona di wilayah dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa.
“Kami sudah di siaga satu kan, dari rumah sakit hingga puskesmas. Minimal dengan pistol testing suhu,” ujar Emil di Puskesmas Cimahi Selatan.
Menurut Emil, masyarakat Jabar harus lebih proaktif dalam menjaga kesehatan serta jangan segan menghubungi petugas kesehatan. Serta, menghimbau untuk masyarakat mengetahui gejala virus corona.
“Gejalanya dari demam yang berkelanjutan, batuk, sakit kepala, hingga kesulitan bernapas. Kalau sudah seperti itu sebaiknya langsung ke puskesmas atau rumah sakit, karena kami sudah melakukan koordinasi satu pintu antarinstansi,” bebernya.
Dia pun memastikan bahwa setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di 27 kabupaten/kota se-Jabar menjadi rujukan bila ditemukan pasien dengan gejala terkena virus corona.
“Setiap RSUD utama jadi rujukan di tiap kota/kabupaten, tapi utamanya di RSHS (RSUP Hasan Sadikin Bandung). Sampai saat ini, tidak ada temuan (positif virus corona). Pokoknya waspada, apalagi (untuk) pergerakan ke luar negeri saat ini,” tutupnya.(nik)
 

0 Komentar