Kemenag Gandeng British Council untuk Penguatan Bahasa Inggris di Madrasah

Kemenag Gandeng British Council untuk Penguatan Bahasa Inggris di Madrasah
Ilustrasi.(foto/cianjur ekspres)
0 Komentar

JAKARTAKementerian Agama mulai melakukan penguatan bahasa Inggris bagi siswa madrasah melalui Ditjen Pendidikan Islam dengan menggandeng British Council.
“Kami bekerja sama dengan British Council untuk program prioritas Bahasa Inggris bagi siswa madrasah,” kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kemenag, A. Umar, Jumat (17/1/2020) dilansir fin.co.id.
Umar mengatakan, bahwa pihaknya bersama Biritsh Council juga menyepakati metode pembelajaran yang akan diterapkan. Yakni, kombinasi antara pendekatan lokal dan tradisional, termasuk juga pendekatan digital atau teknologi.
“Untuk itu, kami ingin menerbitkan modul pembelajaran Bahasa Inggris khusus untuk siswa madrasah. Di modul itulah akan dimasukkan konten lokal, konten-konten berbasis Islam, nasional, nilai-nilai moderasi beragama, dan nilai-nilai toleransi,” jelasnya.
Terbentuknya kesepakatan yang akan dilakukan dalam rangka meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah. Pertama, riset pemetaan kondisi pembelajaran bahasa Inggris yang selama ini berjalan.
Baca Juga: HAB Kemenag, Herman: Umat Rukun Indonesia Maju Bisa Diimplementasikan di Cianjur
Menurutnya, pemetaan diperlukan diketahui pokok persoalannya dan dapat diambil kebijakan serta afirmasi yang selaras dan tepat sasaran.
“Ini akan jadi landasan Kemenag untuk menata kurikulum misalnya atau bisa juga meningkatkan mutu gurunya, atau sebagainya,” ujar Umar.
Selain itu, kata Umar, British Council juga siap memfasilitasi program “Theater Competition” atau kompetisi drama berbasis Bahasa Inggris. Program ini sudah diterapkan di beberapa negara dan berhasil.
“Dari situ diyakini akan banyak skill yang digali, ada speaking, writing saat menulis naskah, reading. Poinnya adalah exciting, lomba tapi anak-anak senang,” imbuhnya.
Dengan demikian, Umar berharap agar kerja sama ini menjadi solusi penguatan kompetensi Bahasa Inggris sebagai bekal siswa madrasah dalam bersaing di kancah global. Tidak hanya bahasa Inggris, penguatan bahasa asing lainnya adalah Bahasa Arab, Mandarin, dan lainnya.
“Selain mahir dalam komunikasi, kemampuan berbahasa asing itu juga diharapkan menjadi bekal lulusan madrasah saat akan kuliah di luar negeri,” ucapnya.
Sementara itu, Director Education, English and Society British Council Colm Downes mengatakan, bahwa hal yang akan dilakukan adalah fasilitasi online resources dari British Council untuk guru dan siswa.

0 Komentar