Permasalahan Citarum Hilir Akan Diselesai Hingga Akhir Tahun

Permasalahan Citarum Hilir Akan Diselesai Hingga Akhir Tahun
(Kiri-kanan): Ketua Harian Satgas PPK DAS Citarum, Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim. Sekretaris DLH Jabar, Dr. Ir. Prima mayaningtias. Kadis SDA Jawa Barat, Linda Al Amin, S.T., M.T. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Bambang Hidayah. Kabid PDAS Dishut Jawa Barat, Dedi Hendrawan. (Foto: Nida Khairiyyah/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

BANDUNG – Tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat janji akan menyelesaikan permasahan Citarum bagian hilir yakni sungai Cilamaya, Karawang, setelah di 2019 telah menyelesaikan bagian hulu.
Dalam program Jabar Punya Informasi (Japri), Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Linda Al Amin menyebut akan terus berkoordinasi  dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) untuk menanggulangi banjir.
“Penyelesaian terowongan harus segera teratasi, mengingat fungsinya yang krusial. Bisa kita lihat dari terowongan Nanjun yang mampu mengatasi banjir di Bandung selatan,” ujarnya di Gedung Sate Bandung, Kamis (16/1/2020).
Di 2020, lanjutnya, beberapa pekerjaan besar akan direalisasikan yakni Cilamaya, Karawang dan bendungan Cibeet, Kabupaten Bogor.
“Karena permasalahan ini sudah lintas wilayah, kami memerlukan koordinasi secara langsung dari pemerintah daerah provinsi hingga pusat,” tuturnya.
Sebagai konpensasi dari pembangunan Bendungan Cibeet, akan ada pembangunan Waduk Cijuray Bogor. Ke depan Cijuray akan dirasakan oleh masyarakat Bogor sebagai irigasi.
“Kami harap bisa selesaikan Cibeet. Setelah itu, baru ke Waduk Cijuray hingga nanti tahun 2021,” pungakasnya.(nik)

0 Komentar