Libur Nataru, Kunjungan Wisatawan ke Cianjur Naik 10 Persen

0 Komentar

CIANJUR – Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cianjur menyatakan, kunjungan wisatawan pada libur Tahun Baru 2020 mengalami peningkatan sekitar 10 persen dibanding tahun sebelumnya.
“Kalau ingin melihat pengunjung di akhir tahun itu dari peningkatan hunian hotel. Informasi yang saya dapat dari PHRI itu ada peningkatan sekitar 60%-80%,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Yudi Ferdiana kepada cianjurekspres.net, Kamis (2/1/2020).
Menurut Yudi, data pengunjung didapatkan dari seberapa tinggi angka peningkatan hunian hotel setiap tahunnya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang melihat keramaian di kawasan destinasi wisata favorit Cipanas, Cianjur.
“Ya karena kalau untuk pemantauan pengunjungan itu kita tidak bisa langsung monitor. Seperti itu dulu kita melihatnya ramai atau tidaknya kawasan Puncak pada libur Nataru. Itu kaitannya dilihat dari kemacetan lalu lintas,”tuturnya.
Diungkapkannya, sejak akhir pekan lalu sejumlah objek wisata di Cianjur seperti Pantai Jayanti, Taman Bunga Nusantara, Taman Alun-Alun Cianjur, serta Kebun Raya Cibodas ramai oleh wisatawan. Begitu juga sejumlah penginapan dan hotel sudah penuh ditempati maupun dipesan terlebih dahulu oleh wisatawan. Walaupun sebagian hotel hanya mengalami peningkatan sebanyak 30 persen saja.
“Pantai Jayanti, Taman Alun-Alun Cianjur, Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara itu di liburan tahun kali ini paling ramai. Hotel-hotel yang ada di Cipanas jug sudah ada yang full,” ungkapnya.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, Yudi menjelaskan, kebanyakan wisatawan di libur tahun baru saat ini memadati Taman Alun-Alun Cianjur.
“Kalau dulu itu kawasan Puncak yang selalu penuh, makanya macet terus. Sekarang yang lebih terlihat itu suasana di Taman Alun-Alun Cianjur yang selalu padat bahkan jauh-jauh hari sebelumnya,” katanya.
Ramainya pengunjung di Taman Alun-Alun Cianjur, Taman Bunga Nusantara, Pantai Jayanti dan kawasan Puncak membuat Yudi mengimbau para wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menggunakan kendaraan ketika ingin ke pantai. Melainkan bisa memanfaatkan fasilitas umum yang ada agar tidak terjadi kemacetan.
“Untuk para wisatawan yang mengunjungi tempat yang gratis biaya masuk seperti Taman Alun-Alun Cianjur, mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan. Manfaatkan berlibur dengan tetap menjaga kedisiplinan. Terus juga bagi yang berlibur ke pantai, pakai kendaraan umum saja. Kendaraan simpan saja di parkir hotel untuk meminimalisir kepadatan macet,” tandasnya.

0 Komentar