Ditinggal Petugasnya, Pustu Desa Sukatani Seakan tak Bertuan

Ditinggal Petugasnya, Pustu Desa Sukatani Seakan tak Bertuan
Puskesmas Pembantu Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur dalam keadaan kosong.(yis/cianjurekspres.net)
0 Komentar

CIANJUR – Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kampung Kayumanis, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet seakan tak bertuan. Bahkan informasi yang dihimpun dari warga sekitar, fasilitas layanan kesehatan tersebut sudah lama tak beroperasi.
Seperti yang diutarakan Feri (42) warga sekitar mengatakan, keberadaan Pustu tersebut diakuinya sudah lama tidak terlihat beroperasi.
“Kebetulan saya bertani disini, dan saya lihat Pustu ini lama tidak buka,” katanya, Selasa (12/11/201).
Feri mengatakan, jika informasi yang ia dapat. Bahwa tutupnya Pustu tersebut dikarenakan petugas yang sebelumnya pindah tugas.
“Yang saya tahu, petugas yang lamanya tidak ada, dan hingga saat ini belum kelihatan lagi ada aktifitas di Pustu tersebut,” terangnya.
Pantauan cianjurekspres.net, bangunan Pustu tersebut tampak dipenuhi rumput-rumput liar. Tak hanya itu, seperti peralatan dan fasilitas medis yang ada didalam Pustu terlihat berantakan.
Terpisah, Kepala Tata Usaha Puskesemas Pacet, Totong mengaku ada dua Pustu di Kecamatan Pacet. Diantaranya di Desa Sukatani, dan Desa Ciputri.
Dari dua Pustu yang ada lanjut Totong, Pustu di Desa Sukatani memang sudah lama tidak ada aktifitas. Pasalnya petugas yang lama sudah pensiun.
Menurutnya ada tiga Bidan Desa Sukatani yang bertugas untuk melayani di wilayah tersebut, namun memang terkendala dengan kegiatan dan pekerjaannya masing-masing. Seperti di Posyandu, sehingga tidak bisa stand by di Pustu tersebut.
“Terakhir saya meninjau Pustu Desa Sukatani itu beberapa bulan kebelakang, dan saya sudah menugaskan ke tiga Bidan Desa di Sukatani. Mungkin karena dengan kesibukannya masing-masing sehingga jarang datang ke Pustu tersebut,” katanya.
“Hari ini memang ada rencana untuk melihat kondisi Pustu Desa Sukatani tersebut, sebenarnya meskipun tidak ada petugasnya akan tetapi biasanya ada petugas yang membersihkan halaman sekeliling Pustu tersebut,” pungkasnya.(yis/hyt)

0 Komentar