150 Hektar Hutan Taman Nasional Gunung Ciremai Hangus Terbakar

150 Hektar Hutan Taman Nasional Gunung Ciremai Hangus Terbakar
Kebakaran yang terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan dan Majalengka, sudah menghanguskan lahan sekitar 150 hektare.
0 Komentar

KUNINGAN – Kebakaran yang terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan dan Majalengka, sudah menghanguskan lahan sekitar 150 hektare.
“Luas lahan yang terbakar di kawasan TNGC kurang lebih 150 hektare,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin di Kuningan, Kamis (24/10/2019).
Agus mengatakan kawasan yang terbakar yaitu vegetasi habitat semak, Ilalang dan rimba campu, sehingga sangat mudah dilalap api.
Menurutnya, kebakaran sudah terjadi sejak Senin (21/10) dan sampai Kamis (24/10) api juga belum dapat dipadamkan, karena berbagai kendala yang dihadapi di lapangan.
“Sudah empat hari kebakaran belum dapat dipadamkan, kami juga terkendala minimnya personel,” ujarnya.
Saat ini, kata Agus, masih ada tiga titik kepulan asap yang terpantau yaitu Blok Gunung Dulang, Sadarehe dan Blok Leuweung Gede, di ketinggian sekitar 1.400 Mdpl.
Agus menambahkan pihaknya bersama tim dari TNI, Polri, BPBD, TNGC dan juga relawan lainnya masih melakukan upaya pemadaman dengan cara manual.
“Ada tiga titik kepulan asap yang terpantau dan masuk wilayah penanganan kami,” katanya.(ant/hyt)

0 Komentar