Dua SD di Cianjur Siswanya Berkebutuhan Khusus

Dua SD di Cianjur Siswanya Berkebutuhan Khusus
PERJUANGAN: Seorang guru di SDN Bojongherang tengah mengajar salah satu anak didiknya yang berkebutuhan khusus. Perlu perjuangan dan kesabaran dalam mendidik anak-anak tersebut. (FOTO: IST)
0 Komentar

CIANJUR – Dua Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Cianjur menjadi sekolah bagi sejumlah siswa yang berkebutuhan khusus. Ke dua sekolah tersebut adalah SDN Bojongherang dan SDN Solokpandan.
Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur Agus Supiandi mengatakan, kedua sekolah tersebut saat ini seperti sekolah lainnya melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). Hanya saja ada sedikit berbeda dibandingkan sekolah lainnya, terutama dari siswa yang belajar.
“Kalau kegiatan belajar mengajarnya seperti biasa, yang membedakan itu keberadaan siswanya. Butuh kesabaran ekstra bagi para guru yang mendidik anak-anak yang berkebutuhan khusus ini,” kata Agus saat dihubungi Cianjur Ekspres, Kamis (17/10).
Agus menyebut, para sisa yang memiliki kebutuhan khusus tersebut belajar dan berbaur dengan siswa lainnya. Mereka memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan sebagaimana yang diinginkan.
“Untuk materi pendidikan sama seperti anak-anak yang lain. Hanya bagi tenaga pengajarnya saja yang harus memiliki kesabaran. Karena tidak mudah mengajarkan seperti anak-anak biasa, ini lebih ekstra,” paparnya.
Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada para tenaga pendidikan yang mengajar di sekolah yang memiliki siswa dengan kebutuhan khusus. Karena tidak mudah menjadi guru dengan siswa yang berbeda dengan kondisi siswa dan siswi biasa.
“Patut kita berikan apresiasi kepada tenaga pendidiknya. Berkat kerja keras dan kesabaran, siswa yang berkebutuhan khusus itu mendapatkan haknya untuk mendapatkan pendidikan yang layak,” paparnya. (sri)

0 Komentar