NasDem Dukung Bamsoet, PAN Belum Resmi

Mundurnya Bamsoet Sudah Diprediksi Dedi Mulyadi
Bambang Soesatyo.(ant)
0 Komentar

JAKARTA – Ketua Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Johnny Plate menyampaikan bahwa NasDem mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai ketua MPR. 

“Hampir semua fraksi di MPR dari unsur DPR mendukung Bambang Soesatyo. Jadi, kalau secara realistis dukungan itu sudah lebih dari 50 persen,” kata Johnny ditemui jelang Rapat Gabungan Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Untuk itu, Johnny yakin bahwa penentuan kursi ketua MPR akan dilakukan dengan musyawarah untuk mufakat.

Baca Juga:Ini 10 Nama Kandidat Pimpinan MPR RIPerumdam Tirta Mukti Distribusi Air Bersih ke Warga Ramasari

Menurut Johnny, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya bahkan memiliki semangat yang sama agar MPR bisa terwujud menjadi lembaga untuk permusyawaratan untuk permufakatan.

“Sehingga saya meyakini Bamsoet akan menjadi ketua MPR melalui mekanisme musyawarah mufakat,” ujar Johnny.

Namun, apabila langkah mengambil suara terbanyak atau voting harus dilakukan, maka Johnny menilai hal tersebut akan mencederai semangat dasar revisi Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) yang melebarkan unsur pimpinan MPR dari awalnya berjumlah lima orang menjadi 10 orang.

“Ini adalah ujian pertama MPR untuk lima tahun ke depan. MPR punya tugas strategis. Misalnya, untuk melakukan amandemen kembali, walaupun terbatas untuk menyerap dan membangun landasan konstitusi primer dalam haluan bernegara,” ujar Johnny.

Sementara itu Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di MPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan pihaknya cenderung akan mendukung politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo untuk menjadi Ketua MPR.

“Ini kecenderungan, belum sikap resmi PAN, karena masih akan ada lobi-lobi yang sifatnya dinamis,” kata Saleh saat ditemui seusai Rapat Gabungan Pimpinan Sementara MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di Kompleks Parlemen, Senayan.

Saleh mengatakan PAN membuka komunikasi dengan seluruh pihak yang berkepentingan untuk maju sebagai ketua MPR, yaitu Partai Golkar, Bambang Soesatyo, Partai Gerindra, maupun Ahmad Muzani.

Baca Juga:Jaga Keseimbangan Politik, Gerindra Layak Duduki Kursi Ketua MPR RIDemi DPD, Fadel Muhammad Siap Berebut Kursi Ketua MPR

Menurut Saleh, masing-masing fraksi dan kelompok DPD berhak untuk mengajukan calon sebagai ketua MPR, termasuk DPD yang sudah mengusung Fadel Muhammad sebagai ketua MPR.

“Silakan pihak-pihak yang berkepentingan melakukan komunikasi dan lobi-lobi agar ketua MPR bisa dipilih secara mufakat,” tuturnya.

0 Komentar