Curug Goong, Pesona Alam Eksotik Dibalik Kawasan Industri Gekbrong

Curug Goong, Pesona Alam Eksotik Dibalik Kawasan Industri Gekbrong
Pesona Alam Eksotik Curug Goong di Gekbrok, Cianjur.
0 Komentar

SUKABUMI – Di balik kawasan indusri di wilayah Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur, ternyata tersimpan keindahan alam yang mempesona berupa Curug. Namun tidak mudah untuk sampai ke wisata alam itu.
Curug Goong, begitulah warga menyebutnya. Pasalnya dulu curug tersebut sering mengeluarkan suara goong (salah satu alat musik) pada malam-malam tertentu. letaknya di Kampung Tabrig, Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong.
Jarak lokasi Curug Goong dari jalan raya Sukabumi tepatnya dari Kantor Desa Gekbrong sekitar tiga kilometer yang ditempuh hanya 15 menit. Kondisi jalannya mulus pada 1,5 kilometer pertama, namun selanjutnya jalan berbatu akan menyambut wisatawan yang datang.
Dari Kampung Tabrig, wisatawan harus menyimpan kendaraannya, sebab jalan menuju curug merupakan jalan setapak dengan lebar kurang dari satu meter.
Selama perjalanan, pemandangan kawasan alam yang masih asri serta Gunung Gede Pangrango tampak begitu dekat. Bagaimana tidak, curug itu tepat berada di kaki gunung Gede.
Di ujung jalan menuju lokasi curug, tebing curam dengan kemiringan lebih 45 derajat pun sudah menanti untuk bisa tiba di curug setinggi sekitar 30 meter tersebut. Tumbuhan rambat menjadi pegangan mereka yang bernyali agar bisa turun nikmati curug itu. Tak jarang, wisatawan terpeleset apalagi saat musim hujan, meski tak sampai terperosok apalagi terguling.
Pengunjung juga harus tetap harus berhati- hati mencari pegangan untuk turun, sebab terdapat juga tanaman berduri yang begitu menyakitkan saat menusuk kulit. Beberapa tanamanpun menyebabkan rasa terbakar selama berhari-hari jika tersentuh.
“Memang tidak ada jalan lain, hanya ini. Jalan ini juga dibuat oleh anak-anak yang memang nekat datang ke curug hingga akhirnya jadi jalur ke curug. Ada satu jalur lagi lewat sungainya, tapi cukup jauh,” ujar Uden Suherlan (36) salah seorang warga.
Setelah sekian lama berjalan dan menantang maut melalui jalur terjal, pemandangan indah dari curug itu membuat rasa lelah hilang seketika.
Alam yang masih perawan, membuat lingkungan di sekitarnya begitu alami. Dinginnya angin yang ditimbulkan dari jatuhan air terjun langsung menyentuh begitu datang. Airnya pun begitu sejuk.

0 Komentar