Dinkes Targetkan 2030 Cianjur Triple Zero HIV/AIDS

Dinkes Targetkan 2030 Cianjur Triple Zero HIV/AIDS
ilustrasi.(net)
0 Komentar

CIANJUR – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur menargetkan Triple Zero HIV/AIDS pada 2030. Diantaranya, zero Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) baru, zero diskriminasi dan zero kematian.

“Sekarang target kami melakukan pemeriksaan ke setiap kecamatan untuk menemukan ODHA baru hingga 2025, setelahnya bagaimana target triple zero itu terwujud. Makanya pasti setiap tahun ada peningkatan. Bukan berarti banyak itu menjadi jelek image nya, malah itu bagus. Karena kerja Pemkab melalui Dinas Kesehatan memang maksimal. Tentu setelahnya penanganan dan pengobatan,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Cianjur, Neneng Efa Fatimah, Jumat (13/9).

Menurutnya dengan percepatan pendataan, penanganan, dan pembinaan, penyebaran HIV/AIDS bisa menurun ke depannya. Apalagi Pemkab telah menjalankan program keagamaan untuk mencegah setiap prilaku yang berpotensi menularkan perilaku sek bebas dan menyimpang, yang dapat menularkan HIV/AIDS.

Baca Juga:LSL Penyumbang Terbesar HIV/AIDS di CianjurJokowi tak Setuju Empat Usulan DPR Soal Revisi UU KPK

“Di samping itu, pengidap HIV/AIDS juga diharapkan mengikuti bimbingan dan konseling terutama yang akan dan telah berumah tangga, supaya pasangan mereka tidak tertular HIV/AIDS,” papar Neneng.

Diungkapkannya, dari segi pengelompokan pengidap HIV/AIDS kebanyakan ialah pelaku penyimpangan seksual terutama laki-laki seks laki-laki, dengan persentase setiap tahunnya menyumbang sekitar 40 persen ODHA Baru. Kemudian disusul dengan ibu rumah tangga, pekerja seks komersial, dan lainnya.

Sedangkan dari kelompok usia, mayoritas ODHA berada di rentang usia 30-45 tahun dengan 20 persen. Kemudian disusul di usia 20 hingga 30 tahun, dan usia remaja.(bay)

0 Komentar