Pemkab Berikan Penghargaan ke 31 WP

Pemkab Berikan Penghargaan ke 31 WP
PENGHARGAAN: Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman menyerahkan penghargaan kepada wajib pajak yang taat membayar pajak sebagai upaya memotivasi wajib pajak lainnya untuk memenuhi kewajiban. (FOTO: IKBAL SELAMET/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memberikan penghargaan kepada sebanyak 46 pengelola pajak dan wajib pajak (WP). Penghargaan atas kesadaran membayar tepat waktu dan pengelolaan yang maksimal untuk pajak itupun diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pajak bagi semua pihak.
Kepala Bidang (Kabid) Penagihan Pajak Daerah, Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPP) Cianjur, Hendra Wira Wiharja, mengatakan, pemberian penghargaan tersebut dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu hotel resto dan Pajak Bumi Bangunan (PBB).
“Kategori hotel di bagi mejadi empat kelas yaitu platinum, diamon, gold, dan silver. Kelas tersebut berdasarakan besaran pajak yang mereka bayar, platinum dalam satu tahun bisa mencapai miliaran membanyar pajaknya, dan untuk kelas yang lain di bawah itu.” kata dia
Di tahun ini, ungkap dia, ada sebanyak 46 yang mendapatkan penghargaan dari pemkab Cianjur, 15 penghargaan diberikan kepada pengelola pajak dan 31 wajib pajak. Untuk desa yang paling cepat melunasi tagihan PBB penghargaannya langsung oleh Plt Bupati.
“Tahun ini desa yang paling cepat melunasi tagihan PBB, itu diraih oleh Desa Sukanagali, Kecamatan Pacet yang mencapai sebesar 600 juta pertahun. Pengelola dan wajib pajak tersebut mendapatkan penghargaan berupa piagam, plakat, peralatan elektronik dan beberapa sovenir lainya,” kata dia kepada wartawan
Selain itu Hendra menjelaskan target pajak saat ini mencapai sebesar Rp 191 miliar sedangkan diperubahan anggaran naik menjadi Rp 194 miliar. Saat ini pencapaian target baru mencapai sekitar 60 persen dari target yang sudah ditentukan.
“Karena banyaknya jual beli tanah sehinga terjadi pemutihan, maka berimbas terhadap tingkat pencapaian target di sektor BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) yang mengaalmi penurunan berbanding sebaliknya pajak dar sektor resto mengalami peningkatan,” kata dia
Dia menambahkan sesuai dengan rencana, seharusnya mencapai target sebesar 70 persen. Pencapaian target tahun ini memang tidak berjalan dengan rencana pada awalnya, namun pihaknya optimis dapat mencapai target tersebut diakhir tahun. (bay/sri)

0 Komentar