Desa Jadi Salah Satu Skala Prioritas Pembangunan di Jabar  

Desa Jadi Salah Satu Skala Prioritas Pembangunan di Jabar  
WISATA: Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Anugerah Desa Maju 2019 di Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan (FOTO: IST)
0 Komentar

KUNINGAN — Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) fokus terhadap program pembangunan di perdesaan.

Pasalnya, desa menjadi salah satu skala prioritas dalam pembangunan di Jawa Barat. “Desa adalah ujung tombak dalam pembangunan,” ucap Uu saat menghadiri Anugerah Desa Maju 2019 di Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Rabu (4/9).

“Oleh karena itu, desa terus kami picu karena saat ini desa menjadi pusat program pembangunan. Bagi kami, desa menjadi skala prioritas dalam pembangunan di Jawa Barat,” tambahnya.

Baca Juga:1.076 Ponpes Lolos Seleksi Tahap I Program OPOPGubernur Jabar Terima Penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI

Untuk mendorong pembangunan di desa, lanjut Uu, Pemdaprov Jabar pun menggulirkan berbagai program, antara lain program One Pesantren One Product (OPOP), Desa Digital, hingga Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Terkait OPOP, Pemdaprov Jabar telah memberikan bantuan modal hingga pelatihan kepada 1.074 pesantren yang lolos audisi Tahap I. Untuk Desa Digital, Pemdaprov Jabar mendorong pemanfaatan teknologi digital berbasis aplikasi untuk usaha desa.

Sementara melalui program Gerbang Desa, Pemdaprov Jabar terus mendorong pembangunan irigasi dan kebutuhan infrastruktur desa lainnya.

Uu juga berpesan kepada para kepala desa untuk memperhatikan program pembangunan moral dan akhlak masyarakat.

“Disamping memperjuangkan pembangunan sarana dan prasarana, tolong tentang keimanan dan ketaqwaan masyarakat yang bapak (kepala desa) pimpin tolong dijaga,” imbau Uu.

Hadir di Kab. Kuningan, Uu memberikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Anugerah Desa Maju 2019 yang digagas Harian Umum (HU) Fajar Cirebon. Menurut Uu, hal tersebut menjadi bagian dari kerja sama unsur Pentahelix antara pemerintah dan media.

“Ini (Anugerah Desa Maju) sangat baik untuk penilaian desa. Dengan adanya penilaian ini ada semangat, gairah, untuk memajukan desanya. Jadi, saya ucapkan terimakasih,” ucap Uu.

Baca Juga:Wagub Jabar Imbau Netizen untuk Tabayyun demi Internet SehatRidwan Kamil Harap Fantastic 30 Berkontribusi Tingkatkan Kepariwisataan Jabar

“Apalagi yang namanya media adalah hal yang sangat penting dalam proses pembangunan. Kalau tidak ada media program-program pemerintah tidak akan sampai ke masyarakat. Tapi dengan adanya media keinginan masyarakat pun tersampaikan kepada kami,” katanya.

Anugerah Desa Maju menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-521 Kabupaten Kuningan. Acara ini dilakukan untuk menggugah semangat elemen pemerintahan di Kuningan dalam mewujudkan visi misinya, yaitu Mandiri Agamis dan Pinunjul (Maju) Berbasis Desa Tahun 2023.

0 Komentar