Penanaman Kedelai Ditargetkan 5.000 Hektar

Penanaman Kedelai Ditargetkan 5.000 Hektar
0 Komentar

CIANJUR – Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hotikutura Kabupaten Cianjur mencatat sudah menanam benih kedelai di atas lahan seluas 2.345 hektar. Namun di tahun ini dinas pertanian menargetkan penanaman hingga lima ribu hektar.
“Kami optimis target lima ribu hektar itu bisa tercapai di tahun ini,” ujar Kabid Produksi tanam pangan, Dinas Pertanian Cianjur, Henny Iriani Winata kepada wartawan, kemarin (5/9).
Namun, ungkap dia, masuknya musim kemarau membuat penyerapan penanaman kedelai terhambat, sehingga saat ini bibit kedelai yang tertanam baru 2.345 hektar tersebar disejumlah wilayah seperti di Kecamatan Bojongpicung, Ciranjang, Sindangbarang, Cibeber dan Tanggeung.
“Masing-masing wilayah ditargetkan dapat ditanami kedelai seluas satu hektar. Saat ini yang sudah berjalan di Kecamatan Sindangbarang karena masih terdapat sumber air yang dapat digunakan untuk menanam benih kedelai,” katanya.
Benih kedelai tersebut sudah mulai ditanam pada Juni-Juli dan diperkirakan sudah dapat dipanen bulan depan, namun sejumlah petani tengah terkendala lahan yang kering akibat kemarau.
“Penanaman benih sengaja disalurkan ke petani dibeberapa wilayah yang sering mengalami kekeringan, agar petani dapat beralih ketanaman yang cocok saat musim kemarau,” katanya.
Pihaknya berharap penanaman kedelai tersebut dapat memberikan keuntungan lebih bagi petani dan kedepannya ada pola tanam baru yang dapat dilakukan tidak hanya pada saat kemarau.
“Target pemerintah Cianjur dapat menjadi sentra kedelai ketika petani sudah mulai tertarik menanam kedelai meskipun pada saat musim tanam padi tiba atau tepatnya ketika musim penghujan sekalipun,” katanya.(bay/red)
 

0 Komentar