Kaum Perempuan Cianjur Rintis Kartini Sejati

Kaum Perempuan Cianjur Rintis Kartini Sejati
PERKUMPULAN: Sejumlah wanita dengan berbagai latar belakang membuat perkumpulan Kartini Sejati Cianjur untuk mensosialisasikan pencegahan terhadap tindak pidana perdagangan orang. (FOTO: AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR – Berawal dari keprihatinan terhadap kondisi perempuan dan anak, sejumlah perempuan aktif di Cianjur merintis Kartini Sejati Cianjur. Perkumpulan ini terdiri atas lintas profesi, lintas partai politik, dan beragam latar belakang.
“Awalnya dari obrolan biasa antar teman, melihat permasalahan perempuan dan anak yang semakin banyak maka kami sepakat untuk membentuk sebuah perkumpulan yang independen,” ujar Hj Sri Agustina Hendrawati, Sekjen Kartini Sejati Cianjur.
Sri mengatakan, permasalahan yang beragam menyangkut perempuan tersebut terutama dari sisi sosial, pendidikan, dan kesehatan.
Sri mengatakan, Kartini Sejati Cianjur memiliki program terdekat adalah memberikan edukasi untuk perempuan dan para ibu melalui seminar dan parenting yakni proses pembelajaran pengasuhan interaksi antara orang tua dan anak.
“Selain itu sisi kemanusiaan akan kami ke depankan serta melatih bagaimana caranya agar perempuan bisa mandiri berdikari ikut membantu menopang tegaknya tiang keluarga,” kata Sri.
Sri juga mengatakan, setelah mandiri dan berdikari, para perempuan jangan sampai melupakan kodratnya di keluarga.
“Rencananya Oktober nanti kami berdeklarasi, dalam perjalanan kami akan mengadakan beberapa pertemuan lagi,” katanya.
Pembina Kartini Sejati Cianjur, Susilawati, mengatakan, pembentukan lembaga perempuan ini dalam rangka mendukung Kabupaten Cianjur sebagai kabupaten layak anak.
“Tak ada lagi perempuan melahirkan meninggal, tak ada lagi anak stunting, tak ada lagi perempuan korban tindak pidana perdagangan orang,” katanya.(yis/sri)

0 Komentar