Ribuan Anak PAUD Ikuti Karnaval Kemerdekaan RI

Ribuan Anak PAUD Ikuti Karnaval Kemerdekaan RI
PAWAI: Ribuan anak PAUD dari wilyah III (Pacet, Cipanas dan Sukaresmi) tengah mengikuti karnaval Kemerdekaan RI ke- 74. (FOTO: AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CANJUR – Dengan mengangkat tema pemanfaatan kreativitas melalui limbah dan fashion show Kemerdekaan RI yang ke- 74, Palace Hotel bersama Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Cianjur gelar Karnaval PAUD se- wilayah III, Senin (19/8).
Ketua Panitia Karnaval Cipanas, Pheno menjelaskan, para pahlawan yang telah mengorbankan hidup mati untuk merebut Kemerdekaan RI, sudah sepatutnya sebagai penerus perjuangan bangsa untuk memperingati, mengingat dan melanjutkan perjuangan para pahlawan. Namun tak perlu berperang secara fisik, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melanjutkan cita-cita pahlawan, salah satunya mengisinya dengan aneka kegiatan yang positif.
“Untuk mewujudkannya bersama Palace Hotel Cipanas, mengadakan lomba yang sekaligus untuk melatihan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak PAUD dalam bentuk lomba fashion show baju kemerdekaan dan baju dengan bahan dasar pemanfaatan kreativitas melalui limbah plastik,” paparnya.
Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya daerah Kota Cipanas melalui minat bakat dan kemampuan anak dibidang seni dan budaya. Selain itu semoga meningkatkan apresiasi seni dan budaya dikalangan anak-anak usia dini, untuk memperkaya seni budaya bangsa Indonesia yang dapat memperkuat daya saing bangsa kedepannya.
“Tentunya dengan karnaval seperti ini bisa meningkatkan semangat kreativitas dan imajinasi anak-anak usia dini, dalam bersaing serta mengasah perkembangan pola berpikir anak-anak. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap perkembangan dan kemajuan wilayah Kota Cipanas,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Sekolah PAUD Lokatmala Maleber Santi Afrianti mengaku sangat menyambut baik dengan adanya karnaval seperti ini, sehingga dirinya membawa 16 orang siswa dengan rentan usia tiga – enam tahun.
“Alhamdulillah peserta sangat begitu antusias, dan even ini sangat mendorong semangat siswa untuk memahami kemerdekaan. Pasalnya disini mengajak siswa mencintai tanah air dan kebersamaan,” tuturnya.
Diakuinya, even yang mengusung go green ini sesuai dengan semangat PAUD Lokatmala untuk mencintai lingkungan. Terlebih PAUD Lokatmala Maleber itu berbasis alam dengan kegiatan menanam pohon dan mengangkat kearifan lokal.
“Kami pun lebih menanamkan pendidikan lingkungan kepada anak sejak dini dan memperkuat rasa nasionalisme,” tukasnya.(yis/sri)

0 Komentar