Mahasiswa Bersama Warga Lakukan Fogging

Mahasiswa Bersama Warga Lakukan Fogging
FOGGING: Sebagai salah satu upaya pencegahan DBD, mahasiswa STAI Al-Azhary Cianjur bersama masyarakat melakukan fogging atau pengasapan di Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang. (FOTO: JOB3/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR – Mahasiswa STAI AL-Azhary Cianjur bersama masyarakat membasmi nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD) dengan cara fogging (pengasapan), di Kampung Jambudipa, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Senin (5/8).
Kegiatan fogging tersebut merupakan rangkaian dari pelaksanaan program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Participatory Action Research (PAR) tahun 2019.
Ketua RT di Jambudipa Ayi Saepudin, mengatakan, fogging ini dilaksanakan karena sebelumnya di lingkungan kampung Jambudipa RT 04/RW 03 sudah ada beberapa orang yang menjadi korban DBD. Karena itu bersama mahasiswa STAI Al-Azhary yang melaksanakan KKN-PAR di Desa Jambudipa, melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit DBD dengan cara fogging.
“Fogging ini dilaksanakan karena adanya korban yang terjangkit DBD sebelumnya. Beberapa korban diantaranya bernama Silfa (8), Rafaizan (6). Selain itu, kami bersama mahasiswa STAI Al-Azhary melakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Semoga kagiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan lingkungan bisa bersih dan rapi,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.
Sementara itu, Ketua KKN-PAR Kelompok 09 Robi Hidayatuloh mengatakan, pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa STAI Al-Azhary adalah pelaksanaan fogging. Dalam rangka pelaksanaan salah satu program kerja di bidang kesehatan kelompok 09 KKN-PAR STAI Al-Azhary Cianjur, agar tidak ada lagi warga yang tekena penyakit DBD.
“Mahasiswa menjadi penyumbang ide dan fasilitator dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Bidang kesehatan salah satunya dengan melaksanakan kegiatan fogging dan penyuluhan kepada msayarakat, terkait pentingnya kesadaran setiap warga dalam menjaga pola hidup sehat,” ungkap Robi.
Selain itu, lanjut dia, pihaknya bersama masyarakat akan membuat TPS (Tempat Pembuangan Sampah), yang diharapkan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat.
“Semoga fogging ini dapat membantu masyarakat sekitar sehingga menambah semangat kami dalam melaksanakan program kerja lainnya” ujarnya (job3/sri).

0 Komentar