PKK Gelar Kontes Ratu Kebaya Khas Sunda

PKK Gelar Kontes Ratu Kebaya Khas Sunda
PENAMPILAN: Para peserta kontes ratu kebaya khas Sunda tengah unjuk kabisa. Kontes ratu kebaya khas Sunda tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Cianjur ke- 342. (FOTO: AYI SOPIANDI)
0 Komentar

CIANJUR – Sejumlah peserta meriahkan acara kontes ratu kebaya khas Sunda yang dilaksanakan di alun-alun Cianjur, Kamis (25/7). Acara yang diselenggarakan PKK Kabupaten Cianjur itu merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Jadi Cianjur (HJC) yang ke- 342.
Ketua Pembinan PKK Kabupaten Cianjur Anita Sincayani mengatakan, kontes ratu kebaya ini merupakan yang pertama kali diadakan di Kabupaten Cianjur. Menurutnya kebaya ini merupakan baju ciri khas pakaian asli Jawa Barat.
“Dengan adanya kontes ratu kebaya ini, kita harapkan sebagai upaya untuk mengingatkan kembali akan baju-baju kebaya khususnya asli Sunda,” kata Anita Sincayani.
Anita mengatakan, jika dirinya mengucapkan permintaan maaf bagi para peserta yang belum bisa mengikuti kontes pakaian tradisional asli Sunda. Menurutnya sengaja dilakukan acara digelar hari Kamis (25/7) karena kegiatan tersebut merupakan rangkaian acar HJC yang ke 342.
“Saya berharap acara ini berjalan dengan sukses, adapun bagi para peserta yang tidak bisa mengikuti kontes ini harap maklum karena ini merupakan kontes baju kebaya khas asli Sunda,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Acara Kontes baju kebaya asli Sunda Nethi Budi mengatakan, seiring dengan waktu atau jaman yang modern saat ini banyak baju-baju kebaya yang telah dimodifikasi sehingga terlihat berbeda dari aslinya.
“Keberadaan baju kebaya asli Sunda saat ini cukup sulit untuk membedakannya, karena sebagian besar telah dimodifikasi,” kata Nethi.
Dikatakan Nethi, peserta yang mengikuti kontes ini ada 66 orang terdiri dari darmawanita Dinas dan sisanya dari ibu-ibu penggerak PKK kecamatan.(yis/sri)

0 Komentar