Blanko E-KTP Kosong, Puluhan Ribu Data Siap Cetak Tertunda

Blanko E-KTP Kosong, Puluhan Ribu Data Siap Cetak Tertunda
NGANTRI: Pemandangan seperti inilah yang nampak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cianjur. Masyarakat terus mengantri memohon administrasi kependudukan (FOTO: IKBAL SELAMET/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

Stok Blanko E-KTP Kosong
**Ada 31.300 Data Siap Cetak Tertunda
CIANJUR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur mengalami kekosongan blanko untuk pencetakan e-KTP. Akibatnya pencetakan 31.300 data siap cetak tertunda.
“Kondisi ini terjadi karena stok blanko di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri juga kosong,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Cianjur, Dundi Syahron Fajar pada wartawan, Rabu (24/7).
Dia menjelaskan, kekosongan stok blanko terjadi sejak awal bulan, sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah mengajukan penambahan ke Kemendagri dan hanya mendapatkan 500 lembar blanko.
Blanko sebanyak 500 lembar tersebut, lanjut dia, hanya dapat bertahan untuk satu hari, sehingga stok blanko sampai saat ini masih kosong karena pihaknya tidak dapat melakukan pengadaan blangko.
“Disdukcapil tidak dapat melakukan pengadaan blanko karena kewenanganya dari Dirjen Catatan sipil Kemendagri. Harapan kami kekosongan tersebut, dapat segera dipenuhi pihak dirjen,” katanya.
Untuk perekaman KTP baru dan perbaikan masih tetap dilayani, sedangkan upaya lain agar keperluan adminduk tetap terpenuhi, pihaknya kembali mengeluarkan surat keterangan yang berfungsi sama dengan KTP.
“Warga yang membutuhkan adminduk mendesak, kami berikan surat keterangan yang fungsinya sama dengan e-KTP. Sedangkan untuk perekaman tetap dilayani seperti biasa,” katanya.(bay/red)

0 Komentar