BNI Pastikan Nelayan Dapat Akses Perbankan

BNI Pastikan Nelayan Dapat Akses Perbankan
ASEP HENDRAYANA/SUKABUMI EKSPRES CINDERAMATA: General Manajer Divisi Bisnis Usaha Kecil 2 BNI, Bambang Setyatmojo (kedua dari kiri) didampingi CEO BNI Wilayah Bandung, Haris A Handoko (paling kiri), dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, menyerahkan cinderamata kepada nelayan.
0 Komentar

PT BANK Negara Indonesia (Persero) Tbk memastikan nelayan di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, mendapatkan akses perbankan yang murah, mudah, juga disertai pendampingan nelayan dalam hal menjual hasil tangkapannya. Berbagai kemudahan yang diberikan BNI itu melalui Gerai Fish Mart dengan layanan Agen Lakupandai BNI atau Agen46.
“Kehadiran Agen46 diharapkan dalam lebih meningkatkan literasi keuangan masyarakat Ciwaru. Layanan yang diberikan oleh Agen46 antara lain pembukaan rekening, tarik, setor, pemindahbukuan, berbagai pembayaran layanan masyarakat dan lain sebagainya,” ujar General Manajer Divisi Bisnis Usaha Kecil 2 BNI, Bambang Setyatmojo, usai peresmian Peresmian Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Online dan Gerai Fishmart di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/7).
Bambang mengatakan, inisiasi kerja sama dengan menggandeng FishOn merupakan wujud kontribusi BNI untuk mensyejahterakan nelayan. Satu di antaranya melalui penyediaan akses perbankan yang mudah dan murah di sektor kemaritiman. Dengan harapan, masih kata Bambang, gerakan ini akan menjadi salah satu penopang program pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas nelayan, pemerataan pendapatan, dan pengentasan kemiskinan.
“BNI berkomitmen mensukseskan pembangunan perekonomian Indonesia guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Melalui program ini, Nelayan akan lebih mudah melakukan transaksi dalam hal menjual hasil tangkapannya. Bahkan saat mereka masih melaut,” ujarnya.
Pada acara tersebut, BNI memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa satu unit mobil ambulan dan satu unit kapal latih nelayan berukuran 5 GT. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada nelayan.
KUR tersebut menambah portofolio penyaluran KUR BNI tahun 2019, di mana hingga 30 Juni 2019 KUR yang disalurkan BNI mencapai Rp 9,37 triliun yang menyentuh 109.020 penerima KUR di seluruh Indonesia. Selain itu, penyaluran ini juga menambah portofolio BNI di bidang kemaritiman yang saat ini telah mencapai lebih dari Rp 16 triliun.
“Intinya, BNI bersama perusahaan start up yang bergerak di bidang perikanan Fish On, jugaKementerian Koordinator Kemaritiman, bahu membahu memastikan nelayan Sukabumi semakin mudah menangkap ikan melalui aplikasi yang disediakan Fish OnOn. Terus, nelayan juga dibantu agar semakin mudah mengakses permodalan melalui BNI agar usaha perikanan mereka terus maju dan menyejahterakan,” pungkasnya.

0 Komentar