Sungai Cipendawa Jadi Lautan Sampah

Sungai Cipendawa Jadi Lautan Sampah
0 Komentar

CIANJUR – Sungai Cipandawa dan pinggir Jalan Raya Pacet dijadikan bak sampah oleh beberapa pengendara yang tidak bertanggung jawab. Warga sekitar khawatir jika sampah yang dibuang ke sungai tersebut mengakibatkan bencana suatu saat nanti.
Asep (41) salah seorang warga Kampung Babakan Saputra Desa Cibodas mengaku, adanya oknum pengendara yang tak bertanggung jawab hingga membuang sampah ke bantaran Sungai Cipendawa.
“Kami melihat oknum pengendara yang tak bertanggung jawab membuang sampah di Bantaran Sungai Cipendawa. Jelas tindakan mereka itu membuat warga setempat geram, hingga kami menuliskan papan peringatan dilarang membuang sampah,” tegasnya.
Namun, sangat disayangkan mereka yang membuang sampah ke bantaran sungai itu tak menggubris larangan warga. Kondisi tersebut membuat warga kebingungan.
“Jika mereka tetap membuang ke bantaran sungai itu, dikhawatirkan bisa berakibat pencemaran sungai. Dan kami pun mengharapkan, jika pemerintah peduli bisa membuatkan tempat pembuangan sampah .
“Mungkin mereka itu membuang ke bantaran Sungai Cipendawa, karena tak ada pembuangan sampah bagi masyarakat. Makanya, kami harapkan pemerintah pun bisa mencarikan solusinya,” ujarnya.
Dasep (36) mengaku sudah lama membuang sampah ke bantaran sungai itu, karena tidak ada tempat pembuangan sampah di daerah Pacet dan Sukaresmi. “Makanya, kerap ada tumpukan sampah di bantaran sungai itu. Jika saja, pemerintah menyediakan tempatnya khusus kami tidak akan buang ke bantaran sungai,” tuturnya.
Dirinya mengaku, jika harus dibakar sampah itu bau dan juga tidak praktis. Walhasil, dirinya pun membuang ke bantaran sungai. “Kami pun sadari jika membuang ke bantaran sungai ini merusak lingkungan, namun kami tak ada pilihan lain,” tandasnya.(yis/red)

0 Komentar