Belasan Warga Terserang Gatal-gatal

0 Komentar

CIANJUR – Belasan sumur milik warga di Kampung Panyaweuyan RT 01/RW 01, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, diduga tercemar rembesan bahan bakar minyak (BBM) dari SPBU 34.43208 Panyaweuan, kemarin (10/6).
Akibatnya, 18 keluarga sekitar mengalami sakit mata dan gatal-gatal.
Asep Beni (43) bersama anaknya Arel (10) warga Kampung Panyawean RT 01/RW 01, mengaku sudah dua bulan lamanya kadar air sumur yang biasa ia gunakan itu bau bahan bakar jenis pertamax. Menurutnya, diduga karena ada rembesan BBM dari SPBU yang ada di sebrang pemukiman Kampung Panyaweuan.
Awal sebelum diketahui adanya bau bahan bakar tersebut, anaknya Arel (10) sering mengalami kesakitan di bagian matanya. Namun dirinya tak begitu menghiraukan karena memang anaknya sering main HP.
“Awalnya anak saya ini sering kesakitan di bagian mata, tapi lama-kelamaan ternyata saya sendiri mengalami hal yang sama,” terang Asep Beni saat ditemu Cianjur Ekspres di Kampung Panyaweuan, Senin (10/6).
Selain itu, lanjut Asep, ia bersama anaknya itu juga mengalami gatal di sekujur tubuh dan pedih di bagian wajah. Menurutnya, dalam kurun waktu dua bulan terakhir ia bersama keluarganya tak punya pilihan lain harus tetap menggunakan air yang diduga tercemar dari rembesan SPBU yang tak jauh dari rumahnya itu.
“Selama dua bulan ini, saya sudah lumayan besar menghabiskan biaya untuk berobat ke dokter spesialis mata, dan saya sendiri beli obat mata tbroson sudah habis tiga pack. Isi satu pack-nya enam biji, artinya sudah 18 biji obat mata yang saya pakai agar terhindar dari rasa sakit,” kata dia.
Senada dikatakan Ludi Burdah Muslim, yang juga tetangganya Asep Beni. Ia dan keluarganya mengalami hal yang sama, yakni air sumurnya mulai terasa bau mirip pertamax. Hal tersebut diduga karena ada rembesan limbah atau tangki SPBU yang bocor sehingga mengalir melewati jalur urat air yang ada di bawah tanah.
“Kalau saya pribadi, kurang lebih baru satu bulan terakhir ini. Betis saya saja bentol-bentol, dan di bagian wajah terasa panas. Padahal sebelumnya air sumur saya ini bisa digunakan untuk kebutuhan minum, mandi dan mencuci,” kata dia.

0 Komentar