Sumpah Palapa Patih Gajah Mada Embrio Persatuan Indonesia

0 Komentar

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memperingati hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke – 111 menggelar upacara bendera bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan perangkat daerah Kabupaten Cianjur,Senin (20/5).
Plt Bupati H Herman Suherman menjadi inspektur upacara. Dalam kegiatan upacara tersebut juga dihadiri langsung Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, dan dari unsur pejabat di Cianjur.
Dalam sambutannya, Plt Bupati H Herman Suherman mengatakan, peringatan Harkitnas ini mengungkap kembali sejarah Sumpah Palapa yang diikrarkan oleh Maha Patih Gajah Mada. “Sumpah palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan di Indonesia,” ungkapnya.
Menurutnya, wilayah nusantara ini disatukan oleh Gajah Mada dan telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para Pahlawan Nasional yang mana untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini.
“Lebih dari satu abad menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo,” katanya.
Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, dengan membuktikan Indonesia mampu menjaga persatuan sampai detik ini.
“Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan indonesia,” imbuhnya.
Sementara Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengatakan, momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional diharapkan generasi penerus bangsa khususnya di Kabupaten Cianjur bisa meningkatkn nilai-nilai kepahlawanan semangat patih gajah mada dalam menyatukan nusantara ini
“Utuk peringatan Harkitnas di Cianjur dilaksanakan dengan seluruh komponen masyarakat guna mengingatkan kembali atas jasa para pahlawan dulu terutama Patih Gajah Mada dalam mempersatukan nusantara ini sehingga nilai-nilai itu mudah-mudahan bisa terus menyemangati Generasi penerus Bangsa di Kabupaten Cianjur,” pungkasnya.(yis/sri).

0 Komentar