Sudah 27 PPK Rampungkan Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara

0 Komentar

CIANJUR – KPU Kabupaten Cianjur menargetkan pleno rekapitulasi suara di tingkat PPK selesai, kemarin (29/4). Pasalnya, KPU mengejar jadwal pelaksanaan pleno di tingkat kabupaten yang rencananya digelar pada 1 Mei 2019.
Komisioner KPU Cianjur, Ridwan Abdullah, mengatakan, hingga Senin pagi tercatat sudah 27 PPK yang menyelesaikan rekapitulasi suara, sementara beberapa PPK yang belum hanya tinggal menyelesaikan sedikit lagi penghitungan dan ada sebatas penginputan data.
“Kemungkinan besar hari ini selesai, jadi pleno tingkat kabupaten bisa sesuai jadwal,” kata dia saat ditemui di kantornya, Senin (29/4).
Menurutnya, proses rekapitulasi di tingkat PPK memang cukup memakan waktu, mengingat adanya dinamika dalam rekapitulasi tersebut. Salah satunya ialah permintaan dari sejumlah saksi untuk membuka data base C1 plano. Padahal dalam rekapitulasi tersebut cukup dengan mengacu pada C1 salinan.
“Karena memang menjadi permintaan, jadi pihak PPK pun membuka data base tersebut. Itu yang membuat prosesnya menjadi lama,” kata dia.
Namun, dia optimis target pelaksanaan pleno tingkat Kabupaten bisa tepat waktu, mengingat dalam pembahasannya nanti berpotensi membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan jadwal seharusnya.
“Waktu pelaksanaan kan dijadwalkan mulai tanggal 1 sampai 4 Mei, tapi bisa saja lebih lama dengan beberapa faktor yang ada,” kata dia.
Terkait hasil sementara perolehan saura Pilpres ataupun Pileg, lanjut Ridwan, sudah bisa dilihat melalui situs info pemilu KPU Cianjur. Namun data yang masuk tersebut merupakan data awal, sedangkan dalam proses rekapitulasi dimungkinkan terjadi perbaikan.
“Untuk pastinya tetap menunggu dari hasil pleno tingkat kabupaten,” pungkasnya.(bay/red)

0 Komentar