Apel HKB, Plt Bupati Mengajak Semua Kalangan Peduli Bencana

0 Komentar

CIANJUR – Dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional, Pemkab Cianjur menggelar apel bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Alun-alun Sindangbarang, Jumat (27/4).
Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, menekankan bahwa kesiapsiagaan bencana mulai dari diri kita sendiri. Sesuai dengan tema yang diusung ‘kesiapsiagaan dimulai dari kita, keluarga, dan komunitas’.
Herman menyampaikan, untuk meningkatkan upaya penganggulangan bencana perlu ditangani secara komprehensif, terpadu, dan terkoordinasi dengan baik. Mulai dari pra bencana, saat bencana, dan pascabencana.
“Diperlukan suatu aksi nyata dan gerakan bersama untuk meningkatkan kapasitas di semua elamen baik pemerintah, ormas, swasta, keluarga hingga individu,” kata dia.
Hal itu, lanjut dia mengatakan, agar mampu mengenali ancaman dan siaga dalam situasi darurat bencana secara tepat dan cepat melalui edukasi kebencanaan dan simulasi latihan penanganan bencana.
“Prihal itu harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan dari tingkat yang paling kecil yaitu keluarga,” tegasnya.
Dia mengingatkan, perlu adanya koordinasi yang baik, rapi, dan kompak antarpelaksana penanganan bencana khususnya para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat, sehingga kita semakin siap serta dapat menghindari banyaknya korban.
Turut hadir pada kegiatan apel HKB Nasional Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, para pimpinan perangkat daerah, Forkopimda, para camat, serta tamu undangan lainnya.(red/sri)

0 Komentar