Sehat Menata Prestasi

0 Komentar

“Dia guru yang inspirator”. “Anak itu dinobatkan sebagai juara umum di sekolahnya”. “Wanita soleha sekaligus ibu yang sukses”. Pernahkah Anda mendengar kalimat-kalimat tersebut atau sejenisnya? Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar pernyataan itu? Sebagai pribadi yang menghargai dan mendambakan prestasi yang baik, pasti ingin berada di posisi mereka.
Sebelum membahas bagaimana menata prestasi, mari kita kenali terlebih dahulu, apa itu prestasi. Kata “prestasi” berasal dari bahasa Belanda yang artinya hasil dari usaha. Itu berarti, prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan. “Prestasi” dalam KBBI, berarti hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya). Merujuk pada pengertian prestasi tersebut, itu berarti, apapun dan bagaimanapun hasil yang telah kita lakukan, itulah prestasi.
Lalu, apakah bila hasil yang kita peroleh tidak seperti yang kita harapkan, itu juga prestasi? Bila merujuk pada pengertian kata prestasi yang tertera di atas, jawabannya yaitu ”iya”, itu juga prestasi. Maka dari itu, kita juga pernah mendengar “Tahun ini prestasinya menurun”. Akan tetapi, kata “prestasi” itu sendiri memiliki makna konotasi yang positif. Jadi, bila ada yang mengatakan “Dialah pegawai berprestasi di kantor ini”, langsung tercerna dalam pikiran kita, kalau pegawai itu mempunyai kinerja yang paling baik diantara rekan-rekannya.
Arti Penting Sebuah Prestasi
Betapa banyak orang yang memburu prestasi. Bila tak memberikan makna penting dalam kehidupan, untuk apa manusia rela berkompetisi atau melakukan usaha dengan kerja keras demi prestasi? Tentunya, prestasi menorehkan arti yang sangat penting dalam perikehidupan manusia. Arti penting sebuah prestasi yaitu berikut ini.
1.Prestasi adalah wujud nyata dari usaha maksimal yang kita kerjakan yang bisa dinikmati oleh diri sendiri ataupun bersama orang lain.
2.Prestasi merupakan sebuah pengalaman berharga yang mengkristal dan dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk menuju kepada prestasi-prestasi lainnya.
3.Prestasi adalah kebanggaan yang membahagiakan diri sendiri, keluarga, masyarakat, atau bahkan bangsa dan negara.
4.Prestasi dapat digunakan sebagai alat ukur keadaan seseorang akan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang terpuji.

0 Komentar