Pemkab Gratiskan Pengobatan Petugas KPPS

0 Komentar

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal menjamin biaya layanan kesehatan untuk petugas KPPS yang sakit. Bahkan, petugas kesehatan juga diinstruksikan untuk siaga di setiap lokasi penghitungan di tingkat kecamatan.
Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, pelaksanaan pemilu 2019 banyak menguras tenaga dan pikiran dari para petugas TPS, bahkan beberapa petugas meninggal dunia akibat kelelahan.
“Tentu hal tersebut tidak diharapkan terjadi lagi, petugas kelelahan sampai meninggal dunia. Makanya yang merasa sakit, silahkan langsung berobat ke layanan kesehatan terdekat. Untuk pembiayaan Insya Allah akan ditanggung Pemkab,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Senin (22/4).
Tidak hanya berobat di tingkat Puskesmas, Herman juga menyebutkan pembebasan biaya untuk para petugas juga berlaku di rumah sakit umum daerah.
“Sesuai tahapan, periksa dulu di Puskesmas, kalau misalnya memang harus dirujuk silakan ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Kami akan tanggung. Cukup dengan menunjukkan surat keterangan jika dirinya petugas KPPS,” kata dia.
Selain itu, Herman mengaku sudah menginstruksikan petugas kesehatan untuk bersiaga di setiap tempat pelaksanaan pleno di tingkat kecamatan. Hal itu dilakukan agar bisa segera memberikan penanganan medis pada petugas penghitungan dan peserta pleno yang kelelahan atau sakit.
“Tentunya itu juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya lagi korban meninggal dunia lantaran kelelahan,” kata dia.
Terkait adanya petugas KPPS yang meninggal dunia, Herman menuturkan turut berduka cita dan berterimakasih kepada mereka yang telah menjalankan tugasnya secara maksimal.
“Terimakasih pada mereka yang sudah menjalankan tugas, para pejuang pemilu dan demokrasi. Semoga apa amalan baik diterima dan ditempatkan di sisi-Nya,” kata dia.
Belum Ada
Intruksi Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman agar petugas kesehatan bersiaga di lokasi rapat pleno penghitungan suara belum nampak di rapat pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cugenang. Hingga pukul 16.30 WIb, belum nampak satupun petugas kesehatan yang bersiaga di lokasi rapat pleno gedung serbaguna Desa Sarampad.
“Saya sudah telepon petugas kesehatan, mudah-mudahan bisa segera datang untuk memeriksa kesehatan para petugas yang tengah menggelar rapat pleno,” kata Sekretaris PPK Cugenang yang juga menjabat sebagai Plt Camat Cugenang Selamet Riyadi.

0 Komentar