USBN CBT di SMP Islam Al Azhar

0 Komentar

CIANJUR – Sebanyak 90 siswa kelas IX SMP Islam Al-Azhar 20 Cianjur melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di hari terakhir berbasis Computer Based Test (CBT), kemarin (8/4).
Koordinator USBN SMP Islam Al-Azhar 20 Cianjur, Didah Maulidah mengatakan, pelaksanaan USBN berbasis CBT tersebut dimulai dari 1 April hingga 9 April 2019.
“Kenapa harinya lebih banyak dari peraturan dinas? Karena muloknya ada tambahan untuk mata pelajaran Alquran dan bahasa. Alhamdulillah pelaksanaa kondusif dan kami menggunakan sistem CBT atau tes berbasis komputer,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, kemarin.
Didah melanjutkan, para siswanya memang lancar dalam pelaksanaan USBN berbasis CBT, karena sudah terbiasa menggunakan sistem CBT dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan USBN tersebut di bagi ke dalam tiga ruangan. Kelas IX A sebanyak 24 siswa, kelas IX B sebanyak 34 dan kelas IX C sebanyak 32 siswa.
“Mata pelajaran yang di USBN kan sesuai dengan anjuran dari Dinas Pendidikan, kalau untuk totalnya lebih kurang ada 13 mata pelajaran, karena di tambah mulok Al-Azhar,” ungkapnya.
Lebih jauh Didah menjelaskan, pelaksanaan USBN tersebut dilakukan memang untuk mengukur keberhasilan murid, karena di Al-Azhar mempunyai ciri khas sebutan ke siswa yakni istilahnya murid bukan siswa atau peserta didik.
“Mudah-mudahan murid bisa mengikuti dari awal sampai akhir, kemudian murid dianggap mampu untuk menyelesaikan soal-soal, dan itu yang kami harapkan dari pelaksanaan USBN ini,” pungkasnya
Terpisah, sebanyak 389 siswa dan siswi di Madrasah Aliyan Negeri (MAN) 2 Cianjur mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari terakhir kemarin (8/4).
Kepala Sekolah MAN 2 Cianjur Deden melalui Pengendali Teknis (Proktor) MAN 2 Cianjur Abdul Azis Kaosar mengatakan, berdasarkan hasil pantauan UNBK terpantau lancar. “Dihari terakhir pada UNBK ini, terpantau lancar dan tidak ada kendala sedikit pun,” terang Abdul Azis
Abdul mengatakan, sebelum dilaksanakan UNBK pihak sekolah terlebih dahulu bekerjasama dengan PLN untuk kelistrikan dan Telkom untuk Jaringan Internet. “Kita sudah mengantisipasi dengan PLN dan Telkom. Dengan begitu dalam pelaksanaan UNBK berjalan lancar,” katanya.
Dari total 389 siswa yang mengikuti UNBK di MAN 2 Cianjur, diantaranya ada dari sekolah lain. Jumlah siswa – siswi dari MAN 2 Cianjur mencapai 355 orang, dan dari swasta seperti Madrasah Aliyah (MA) Assasutarbiyah sebanyak 26 orang dan sisanya dari Madrasah Aliyah (MA) Roudatul Falah sebanyak 9 orang.

0 Komentar