Ciptakan Lulusan Siap Kerja

0 Komentar

CIANJUR – Lulus sekolah langsung kerja, itulah kebanyakan jargon yang dipakai oleh berbagai sekolah tingkat SMK swasta. Begitupun dengan lulusan dari Boarding School SMK Islam Terpadu (IT) Nurul Ittihad yang telah memberangkatkan lulusannya bekerja langsung di Jepang dan Korea, belum lama ini.
Sistem pembelajaran yang ketat dan disiplin yang dilakukan di sekolah memang akan menciptakan siswa lebih unggul, disiplin dan berprestasi. Hal itu sama seperti mode pembelajaran yang ada di Borading School SMK IT Nurul Ittihad Takokak. Walaupun sekolah tersebut terletak di pedesaan, tepatnya di Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, namun mampu menghasilkan lulusan yang berpreatasi, siap kerja dan siap berwirausaha.
Ketua Yayasan Boarding School SMK IT Nurul Ittihad, Ahmad Yusuf mengatakan, mode pembelajaran yang diterapkan di Boarding School SMK IT Nurul Ittihad memang sangat disiplin, dan para siswa dituntut untuk disiplin. Hal itu dilakukan untuk mencetak lulusan yang berprestasi dan siap kerja.
“Untuk sistem pembelajaran di sekolah kami memang para siswa diwajibkan agar disiplin, tujuannya agar mereka bisa terbiasa menerapkan kedisiplinan hingga ke luar dari sekolah. Mau tidak mau, ya siswa harus mengikuti aturan sekolah yang sudah diterapkan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.
Sistem pembelajaran di Boarding School SMK IT Nurul Ittihad menerapkan kedisiplinan yang sangat ketat kepada para siswa. Pelaksanaan pembelajaraanyadilaksnakan dari pukul 07.30 Wib. Para siswa selama 30 menit harus menghafal berbagai bahasa. Setiap Senin siswa dari kelas X sampai XII Muhadasah (hafalan) bahasa Inggris, di mana pada hari itu siswa harus ngomong menggunakan bahasa Inggris.
Hari Selasa dan Jumat siswa Muhadasah bahasa Arab, Rabu dan Kamis Muhadasah Bahasa Jepang dan Korea. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 30 menit, dan dilanjutkan dengan pembelajaran sekolah hingga pukul 14.00 Wib. Setelah itu para siswa atau santri beristirahat hingga adzan ashar. Setelah ashar dilanjutkan dengan pembelajaran keagamaan seperti mengaji kitab kuning, mengaji Alquran, hafalan Alquran, dan lainnya hingga pukul 21.00 Wib.
Dengan sistem pembelajaran yang ketat tersebut hasilnya tidak sia-sia, karena lulusannya mampu bersaing dan bahkan mampu mengalahkan sekolah setingkatannya yang ada di perkotaan. Lulusan dari Boarding School SMK IT Nurul Ittihad ada yang langsung bekerja di Jepang dan Korea.

0 Komentar