Gerakan Resik Nusantara Beri Bantuan Alat Biofori ke Cidadap

0 Komentar

CIANJUR – Gerakan Resik Nusantara (Green) Cianjur memberikan alat biofori dan tanaman buah-buahan pada relawan Green di Desa Cidadap, Kecamatan Campaka, belum lama ini. Hal itu untuk mewujudkan desa hijau aman bencana.
Sekretaris Umum Green Kabupaten Cianjur, Angga Saputra, mengatakan, kegiatan itu untuk menindaklanjuti program desa binaan desa peduli lingkungan hidup yang akan menjadi ikon di Kabupaten Cianjur. “Kami memberikan alat biofori dan tanaman buah-buahan sebagai suport untuk dipergunakan dan dimanfaatkan oleh relawan Gerakan Resik Nusantara Desa Cidadap. Relawan itu sudah dibentuk nenerapa bulan lalu, dan sudah melihat kondisi objektif terbaru banyak perubahan yang signifikan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini.
Relawan tersebut, kata Angga, akan terus mengajak masyarakat untuk tertib dan disiplin dalam membuang sampah serta mendaur ulang sampah plastik menjadi kerajinan yang menjadi nilai ekonomis. Kemudian mereka akan membersihkan tempat-tempat yang berbuda membuang sampahnya belum terbangun, juga menanam pohon di daerah yang rawan bencana.
“Kepala desa setempat dan para relawan ini masih konsisten, bahkan semakin semangat sebagai bukti keseriusan mereka akan menjalankan penanaman bunga dari rumah ke rumah di tempat tinggal warga,” jelasnya.
Angga berharap, desa-desa yang lain terpanggil jiwanya untuk bisa peduli lingkungan. Sebab, jika berbicara lingkungan berarti berbicara keterpanggilan jiwa. Mengingat bahwa lingkungan yang bersih dan sehat ini bukan hanya untuk hari ini saja, tapi untuk generasi demi anak cucu kita.
“Sebagai mana Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, membangun gerakan Indonesia bersih yaitu memberikan penekanan pada peningkatan perilaku hidup bersih sehat lingkungan keluarga, kerja dan komunitas,” harapnya.
Oleh karenanya, pihaknya merespon Kementerian LHK untuk bergerak dari desa ke desa yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. “Its act localy think globaly (bertindak lokal berpikir global). Salam lestari,” pungkasnya.
Kepala Desa Cidadap, H Budiman, berharap para pemuda relawan Green menjadi pemuda yang berkarakter sebagai penerus generasi bangsa, khususnya di Kabupaten Cianjur. Latar belakang pelaksanaan program ini yaitu darurat bencana dan darurat pangan.

0 Komentar