Eka Sastra: Cianjur Bisa Jadi Destinasi Wisata Dunia

0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres.net – Di sela-sela memberikan pengobatan gratis yang menjangkau 50 desa di Cianjur, Calon Legislatif dari Daerah Pemilihan Jabar III, Eka Sastra berkunjung ke Pantai Jayanti di Cianjur Selatan, Sabtu (6/4). Kang Eka, sapaan karibnya, terpukau dan meyakini kalau pantai ini tidak kalah indah dari pantai-pantai yang ada di Bali.
.
“Saya sudah sering ke pantai ini dan pemandangannya memang indah dan ikannya enak dan segar. Ini adalah aset kita yang perlu dijaga dan dikembangkan sehingga bisa menjadi salah satu sumber PAD dari sektor pariwisata,” kata Kang Eka yang ditemani relawan Baraya Eka Sastra.
.
Di Jawa Barat, Pantai Jayanti belum sepopuler Pantai Pangandaran dan Pantai Palabuhanratu. Padahal, potensi Pantai Jayanti terbilang sangat besar. Pantai yang terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur ini, terbilang masih alami sebab belum banyak sentuhan pemerintah.
.
Selain bisa melihat-lihat pemandangan, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling. Sayangnya, belum ada hotel besar yang berinvestasi di sini. Namun, beberapa penginapan sudah dibuka. Penduduk sekitar juga menyewakan rumahnya bagi pengunjung.
.
“Kita bisa membuat masterplan untuk pengembangan pantai ini. Pemerintah bisa bermitra dengan swasta, kemudian membenahi berbagai fasilitas. Di era 4.0, promosi dan kampanye tentang pantai ini bisa dilakukan secara online sehingga menjangkau mancanegara,” katanya.
.
Sebagai pengusaha, Kang Eka melihat potensi besar pantai ini harusnya tidak tenggelam begitu saja. “Strategi yang bisa kita tempuh adalah mengembangkan wisata dengan berbasis pada pengembangan masyarakat dan konservasi ekologis,” lanjutnya.
.
Kang Eka mencontohkan pendekatan yang ditempuh Gunung Kidul di Yogyakarta, serta Banyuwangi di Jawa Timur. Mereka membuka akses infrastruktur, kemudian membenahi fasilitas, setelah itu melakukan promosi besar-besaran dengan menggunakan platform teknologi digital.
.
“Kalau kita lakukan secara konsisten, maka Pantai Jayanti bisa menjadi destinasi wisata dunia. Ini potensi yang perlu dikembangkan,” kata anggota DPR RI yang kini tercatat di caleg nomor urut 2 Partai Golkar untuk DPR RI melalui dapil Kota Bogor dan Cianjur.
.
Selain berkunjung ke Pantai Jayanti, Kang Eka Sastra juga bersilaturahmi dan mengunjungi rumah warga. Dia menggelar pengobatan gratis yang ditargetkan bisa menjangkau 10.000 warga Cianjur. Dia juga melakukan hal yang sama di Kota Bogor.

0 Komentar