Sindangbarang Resmi Miliki Unit Pemadam Kebakaran

0 Komentar

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur meresmikan kantor unit pemadam kebakaran di Sindangbarang, Cianjur selatan. Unit tersebut disiapkan untuk penanganan kebakaran, baik rumah penduduk ataupun lahan, terlebih menjelang musim kemarau.
Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur, Muzani Saleh mengatakan, peresmian kantor unit pemadam kebakaran tersebut dilakukan pada Selasa (2/4) lalu, yang juga bertepatan dengan peringatan hari jadi pemadam kebakaran yang ke-100.
“Kantornya langsung diresmikan oleh Plt Bupati Cianjur, H. Herman Suherman yang juga sekaligus kegiatan peringatan hari jadi Damkar ke 100, Satpol PP ke-69, dan Linmas ke-57 di Sindangbarang,” ujar Muzani kepada Cianjur Ekspres,Rabu (3/4).
Menurutnya, pembentukan kantor unit Damkar di Cianjur Selatan sudah cukup lama direncanakan, mengingat tingkat kebakaran di wilayah tersebut cukup tinggi, terutama untuk kebakaran lahan.
“Berbeda dengan wilayah kota yang acara kebakaran lebih banyak ke pemukiman penduduk, untuk Cianjur Selatan itu banyaknya lahan. Apalagi kan sebentar lagi memasuki musim kemarau, potensi kebakaran lahan juga tinggi,” kata dia.
Untuk unit Damkar di Sindangbarang tersebut, pihaknya menempatkan sebanyak 20 personel yang diambil dari unit damkar lainnya. Satu unit kendaraan pemadam yang baru dibeli pun langsung ditempatkan di unit tersebut.
Rencananya, lanjut dia, untuk unit di Cianjur Selatan itu, Damkar akan merekrut pegawai yang merupakan asli warga selatan . Dengan begitu, mereka akan bisa dijaga kapanpun dibutuhkan, di samping mengandalkan petugas yang standby di kantor unit.
“Kalau bisa nanti ada petugas yang merupakan warga lokal, baik itu petugas damkarnya atau pejabat PNS-ya,” tutur dia.
Di samping rekrutmen untuk melengkapi petugas di unit baru tersebut, Damkar Cianjur juga akan melakukan perekrutan untuk melengkapi jumlah pegawai di unit lain.
Bahkan, Damkar Cianjur juga mengupayakan penambahan perlengkapan dari petugas, mulai dari alat pemadam hingga pakaian keselamatan. Pasalnya, saat ini Damkar Cianjur masih keterbatasan sarana dan prasarana.
“Jadi di tahun ini ada penambahan pegawai serta sarana prasarana. Terlebih kini kan sudah ada penambahan unit baru di Sindangbarang, sehingga kini sudah ada enam unit kantor pemadam kebakaran. Diharapkan dengan adanya kantor unit tersebut, penanganan kebakaran bisa lebih optimal,” tuturnya.

0 Komentar