Terkenal sebagai Atlet Silat Cilik dan Ahli Seni Sunda

0 Komentar

ARYA Putra Pandu berhasil menyabet medali emas atau juara satu kejuaraan Pencak Silat tingkat Nasional, Asia, dan Eropa. Meski dari keluarga tidak mampu dan penerima PKH, Arya mampu menunjukan dirinya bisa berprestasi. SImak kisahnya!
IKBAL SELAMET, Bojongpicung
PUTRA bungsu pasangan Bendi Saputra dan Elly Nurliah yang lahir di Sukabumi 11 tahun yang lalu, saat ini aktif sebagai siswa di SDN Cibarengkok, Bojongpicung, Kabupaten Cianjur. Keluarga Arya merupakan penerima Program Keluarga Harapan sejak tahun 2016.
Saat ini Arya dan keluarganya tinggal di sebuah rumah kontrakan yang beralamat di Kampung Bojongpetir, RT 001/RW 003 Desa Cibarengkok, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur.
Keterbatasan ekonomi tidak menyurutkan keluarga ini untuk memproritaskan hak pendidikan bagi anak-anaknya, semua anak-anaknya termasuk Arya disekolahkan dan mendapatkan hak pendidikannya dengan baik dan layak, terlebih ketika memperoleh bantuan program PKH.
“Ibu Elly dan suaminya memanfaatkan bantuan yang diperoleh tersebut untuk mendukung kebutuhan pendidikan dan kesehatan anak,” ujar Ahmad Ynadi, Koordinator PKH Cianjur.
Berbekal semangat dan dukungan yang luar biasa dari keluarganya terutama ibu dan ayahnya, Arya mampu mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya dengan baik. Di sekolah Arya dikenal aktif sebagai siswa berprestasi, meskipun tidak terlalu menonjol dalam bidang akademis, Arya dikenal oleh seluruh siswa dan gurunya sebagai atlet cilik pencak silat dan ahli seni Sunda.
“Bahkan dengan prestasinya tersebut, Arya mampu membawa nama baik sekolahnya dengan berbagai penghargaan yang diraihnya salah satunya Arya pernah menjadi juara kedua Pupuh Sunda O2SN Tingkat Kabupaten Cianjur,” kata dia.
Namun selain di bidang seni tarik suara Sunda, Arya juga dikenal sebagai atlet cilik pencak silat bahkan namanya sudah bisa diperhitungkan di tingkat Nasional. Pada kejuaraan Pencak Silat Terbuka PPS Paku Bumi Open VI 2019 yang diselenggarakan oleh PPS Paku Bumi pada 31 Januari-03 Februari 2019 di Bandung, Arya berhasil menyabet medali emas untuk kategori sekolah dasar.
Anak itu juga berhasil mengalahkan lawannya dari berbagai wilayah se-Indonesia, bahkan perwakilan dari Asia dan Eropa. Kegigihan dan semangat Arya dalam berusaha serta dukungan yang luar biasa dari pihak keluarga terutama sang Ibu membuat Arya berhasil menorehkan prestasi sebagai Juara I tunggal Putra dalam Ajang Kejuaraan Pencak silat di Tingkat Nasional, Asia dan Eropa.

0 Komentar