Seratusan Siswa SMKN 1 Cilaku Sambangi PT Suzuki Indomobil Motor

0 Komentar

CIANJUR – Sebanyak 100 siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Otomotif SMKN 1 Cilaku, Cianjur melakukan kunjungan industri ke PT Suzuki Indomobil Motor, yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, baru-baru ini. Di tempat tersebut para siswa diberikan penjelasan dan melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan mobil Suzuki.
Ketua Program Keahlian TKR Otomotif SMKN 1 Cilaku, Cianjur, Dadan Purnama menjelaskan, sebelum melakukan kunjungan pihak SMKN 1 Cilaku, melakukan proses penjajakan kepada pihak perusahaan untuk kapan bisa diterima oleh pihak perusahaan.
“Kebertulan pihak perusahaan yang sudah bekerja sama yaitu PT. Suzuki Indomobil Motor yang bertempat di Cikarang, Bekasi. Setelah penjajakan dapat tanggal untuk pemberangkatan kami berkordinasi dengan pihak orangtua di rapat orangtua, siapa yang mau ikut berpartisipasi,” kata Dadan kepada Cianjur Ekspres.
Dadan mengungkapkan, walaupun kegiatan adalah agenda rutin sekolah, tetapi tetap harus berdasarkan persetujuan dari pihak orangtua siswa. Jadi tidak ada unsur pemaksanaan kepada pihak orangtua untuk pemberangkatan. Karena kegiatan tersebut tujuannya positif untuk para siswa, hampir 99 persen menyetujui kegiatan tersebut dan sangat mendukung.
“Kegiatan di awali dengan sesi penerimaan, di dalamnya dari pihak perusahaan itu menjelaskan bagaimana company profil yang dia punya, kemudian proses produksi bagaimana pembuatan sebuah kendaraan khususnya mobil. Dari mulai bahan baku atau material itu sampai dengan bahan jadi kendaraan yang siap digunakkan oleh konsumen,” ungkapnya.
“Kemudian di sana ditambahkan juga dari sisi sikap, tentang apa aja yang harus dikuasai atau dimiliki oleh para siswa itu sendiri. Kemudian ada sesi tanya jawab dari pihak perusahaan dengan para siswa,” lanjutnya.
Adanya kunjungan industri tersebut, diharapkan para siswa mampu mengadaptasi kompetensi apa saja yang harus dimiliki jika ingin masuk ke industri.
“Kami inginkan dari kunjungan industri kemarin, pertama agar para siswa mampu untuk menjalin kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak industri untuk kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) anak, kemudian untuk rekrutmen pekerja kedepannya yang insya allah melalui bursa khusus di sekolah kami. Pihak Suzuki sudah bersedia untuk melakukan rekrutmen dari sekolah kami, tentunya dengan melalui prosedur yang telah di tetapkkan oleh perusahaan,” ujarnya.

0 Komentar