Terbitkan 14 Buku Sabugilas

0 Komentar

SEBANYAK 437 siswa kelas XII dan kelas XI Bahasa SMAN 1 Sukaresmi berhasil menerbitkan sebanyak 14 buku berjudul Satu Buku Antologi Per Kelas (Sabugilas). Buku-buku tersebut berisikan kumpulan dari Puisi, Cerpen dan karya siswa.
Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Sukaresmi, Casminih mengatakan, awalnya pembuatan buku tersebut terinspirasi dari program Jabar yakni Jabar Masagi, yang artinya mampu di segala bidang.
“Akhinya saya berfikir bahwa anak sekolah itu tidak harus bisa menyelesaikan kurikulum saja, tetapi juga harus mempunyai keterampilan yang lain yang bisa di bawa atau bisa dugunakan ketika dia sudah terjun di masyarakat. Kemudian saya berfikir sekarang kurikulum 2013 pemerintah sedang gencar menyerukan literasi. Inilah sal;ah satu pertimbangannya,” kata Casminih kepada Cianjur Ekspres.
Menurut Casminih, salah satunya dalam literasi tersebut ada keterampilan menulis, hingga akhirnya para siswa dibekali dengan keterampilan menulis yang akan lebih baik jika di buat sebuah buku. Diharapkan bisa memberikan pengalaman kepada para siswa cara menulis hingga menjadi sebuah buku.
“Siapa tahu nantinya mereka bisa menjadi penulis di luar, penulis itu banyak ragamnya, entah itu menulis tunggal, menulis, cerpen dan lainnya dibukukan. Bisa juga menjadi penulis di media massa,” ungkapnya.
Dikatakan Casminih, program tersebut juga nantinya bisa dijadikan ujian praktik, dan utamanya agar anak bisa mempunyai kemampuan menulis hingga akhirnya program tersebut digulirkan. Untuk editor, Casimin pun di bantu oleh sembilan guru bahasa yang sangat berperan dalam melahirkan buku tersebut.
“Saya menulis proposal dan alhamdulillah kepala sekolah sangat mendukung dan akhirnya seluruh kelas XII yang jumlanya 12 kelas, ditambah satu kelas, kelas XI bahasa, yang jumlahnya menjadi 13 kelas dengan jumlah siswanya 437, semuaya menulis ada yang menulis puisi dan cerpen dan lainnya,” pungkasnya (job3/sri).

0 Komentar