Pemilik Kios Resah, Marak Peredaran Uang Palsu

0 Komentar

CIANJUR – Sejumlah pemilik kios di wilayah Cianjur kota diresahkan dengan beredarnya uang palsu, baru-baru ini. Uang diedarkan orang tak bertanggung jawab dengan modus belanja di kios.
Yudi (41), pemilik kios di Jalan Siliwangi, mengaku mendapatkan uang palsu pecahan Rp 50 ribu pada Minggu (10/3) malam. Saat itu ada seorang pria yang membeli minuman.
“Saat itu yang jaga ibu saya. Ada yang belanja minuman ringan Rp 10 ribu pakai uang Rp 50 ribu. Jadi kembaliannya Rp 40 ribu. Setelah di cek ternyata uang palsu,” paparnya.
Bentuknya nyaris menyerupai uang asli. Dimulai dari bentuk kertas dan desain gambar. Namun ada yang janggal pada pita atau benang pengaman.
“Iya aneh agak lepas dari kertas. Jadi gak nempel,” tambahnya.
Siti, pemilik kios lainnya. Dia pun menerima uang palsu pecahan Rp 50 ribu. Modusnya pun nyaris serupa dengan yang dialami Yudi. “Jelas rugi. Tapi, ya gimana lagi,” tuturnya.
Terpisah, Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Budi Nuryanto, mengatakan, hal itu pasti ditindaklanjuti. “Kita belum dapat info. Makasih kalau punya info, ntar kami selidiki, pasti kita tindaklanjuti,” paparnya.(yis/red)

0 Komentar