Elektabilitas Maruarar Sirait Meroket

0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres.net – Elektabilitas, Maruarar Sirait semakin meroket. Berdasarkan hasil survei lembaga survei Y-Publica, politisi muda PDI Perjuangan tersebut menempati posisi tertinggi di Dapil Jabar III. Maruarar sudah tiga kali terpilih sebagai anggota DPR RI.
Survei Y-Publica menggunakan responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.“Mereka yang belum menentukan pilihan masih cukup tinggi, mencapai 29,6 persen,” kata Rudi Hartono Direktur Eksekutif Y – Publica dalam siaran persnya Jumat (8/3).
Kondiis ini memberi peluang bagi caleg-caleg petahana maupun pendatang baru untuk memperbesar raihan elektabilitas. “Nama-nama caleg yang lain elektabilitasnya terlalu kecil, yang jika ditotal keseluruhannya hanya tersisa 6,8 persen,” pungkas Rudi.
Dari survei tersebut, terlihat Maruarar Sirait yang pindah dari dapil Subang (Jabar IX), Sumedang dan Majalengka ke dapil Kota Bogor dan Kab. CIANJUR (Jabar III) dipilih oleh 11,9 persen responden, disusul oleh Eka Sastra dari Golkar dengan 9.0 persen dan Eddy Soeparno dari PAN dipilih oleh 6,5 persen responden di 3 besar.
Masuknya Bang Ara, sapaan akrab Marurar Sirait, ini ke dapil Jabar 3 membawa perubahan yang cukup signifikan untuk perolehan suara maupun kursi di dapil Jabar 3 berdasarkan hasil survei tersebut.
PDI Perjuangan yang pada Pileg 2014 lalu berhasil memperoleh 1 kursi DPR RI.
Jika berdasarkan hasil survei, perolehan suara bisa menempatkan 2 kursi DPR RI.Selain Maruarar Sirait, PDI Perjuangan juga berhasil menempatkan Diah Pitaloka sebagai patahana diurutan ke 5 dengan 5,6 persen pilihan responden.
Meroketnya pilihan terhadap Maruarar Sirait oleh responden ini tidak lepas dari masifnya pergerakan Maruarar Sirait di Kota Bogor dan Cianjur. Baik melalui media alat peraga kampanye maupun melalui berita-berita di media online, cetak dan televisi nasional. Pasalnya, dia sering tampil di televisi nasional dalam posisinya sebagai influencer Tim Kampanye Nasional Jokowi Ma’ruf Amin.
“Bang Ara juga aktif turun ke masyarakat dan membuat gebrakan gebrakan di Internal partai dengan membantu perbaikan perbaikan kantor PAC se Kota Bogor juga melakukan deklarasi dukungan terhadap pemenangan Jokowi bersama caleg caleg DPRD kota Bogor. Beliau juga aktif hadir dalam kegiatan besar di Kota Bogor seperti acara Natal bersama dan Bogor Street Festival – Cap Go Meh 2019 yang lalu. Sikapnya yang ramah dan mudah bergaul dan rajin menolong juga membuat Ara mudah dikenal dan diterima semua kalangan di kota Bogor dan Cianjur,” kata Teddy Sastra tokoh kota Bogor.

0 Komentar