Bangunan Eks Puskesmas Cijedil Terlantar, Banyak Aset Bangunan yang Raib

0 Komentar

CIANJUR – Bangunan eks Puskesmas Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur kondisinya sangat memprihatinkan. Baru beberapa bulan ditinggalkan, kondisi bangunan banyak yang rusak dan beberapa bagian hilang. Bahkan atap awning yang semula terpasang diruangan tunggu juga raib di bongkar orang yang tidak bertanggungjawab.
Berdasarkan pantauan Cianjur Ekspres, banguan eks Puskesmas yang berada persis disampung Polsek Cugenang tersebut sepintas memang tidak banyak berubah. Namun jika dilihat dari dekat kondisinya jauh berbeda saat masih di gunakan. Di pintu masuk, kondisi pintunya rusak dan kunci pintu sudah tidak ada ditempatnya. Beberapa jendela ruangan juga sudah tidak ada ditempatnya.
Saat masuk kedalam, akan terlihat beberapa bagian atap ruangan sudah ambrol. Tralis jendela yang semual terpasang, sudah tidak ada ditempatnya. Bahkan awning yang terpasang di ruanga tunggu sudah raib, sehingga jika terjadi hujan air akan tumpah dan masuk ruangan.
“Setelah kantornya pindah, bangunan bekas puskesmas ini seperti di telantarkan. Lampu saja pada mati semua, itu ada yang menyala setelah dari pihak kepolisian meminta untuk dinyalakan,” kata seorang warga yang sehari-hari berada di lingkungan eks Puskesmas Cijedil.
Menurut warga yang tidak mau disebut identitasnya itu, ia dan beberapa warga juga melihat kendaraan mengangkut beberapa barang dari eks Puskesmas Cijedil. “Memang banyak barang-barang yang diangkut dengan kendaraan oleh petugas puskesmas juga. Tapi tidak tahu di bawa kemana, apakah di bawa kerumah atau di manfaatkan lagi,” katanya.
Kondisi ini disayangkan, karena bangunan eks Puskesmas Cijedil tersebut merupakan asset negara. Sehingga pemanfaatanya sudah jelas aturan dan ketentuan. “Kalau ini aasset negara, apalagi membangunnya juga menelan biaya ratusan juta, tidak boleh seenaknya barang yang ada di bawa untuk kepentingan pribadi. Ada bagian asset yang memiliki kewenangan, seharusnya tidak perlu terjadi,” katanya.
Kepala Puskesmas Cijedil, Kecamatan Cugenang Dede Rahmat Slamet dihubungi terpisah berkilah jika bangunan eks Puskesmas Cijedil tersebut kondisinya memang sudah rapuh dan bocor bila terjadi hujan harus di pasang ember sehingga mengakibatkan ruangan lembab.

0 Komentar