Lebih Hemat dan Lebih Praktis

0 Komentar

CIANJUR – SMK Bina Karya Bangsa (Binkara) akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada Senin (11/3/) mendatang dengan berbasis android. Ada sekitar 49 peserta yang akan mengikuti ujian tersebut.
Kepala SMK Binkara, Ikah Kartika Ningsih mengatakan, dalam pelaksanaan USBN ada sebanyak 16 mata pelajaran yang akan diujikan. Materinya dipelajari dari kelas X sampai XII, serta untuk soal dibuat dari pusat dan satuan pendidikan masing-masing.
“Alhamdulilah kami sudah bisa melakukan USBN berbasis Android, tidak lagi menggunakan kertas dan pensil. Masih banyak sekolah yang belum berani menggunakan android ini, tapi insya allah saya sudah berkordinasi dengan teknisi sekolah, dan mereka sudah sanggup untuk mengadakan aplikasi ini di UN kami nanti,” kata Ikahkepada Cianjur Ekspres`
Para siswa direncanakan mengerjakan ujian di laboratorium komputer karena membutuhkan jaringan internet yang baik, serta pihak sekolah pun sudah melakukan berbagai persiapan.
“Jadi anak-anak tidak lagi bergelut dengan kertas pensil, tetapi tinggal mengisi soal-soal itu di hand phone mereka masing-masing, bisa lebih hemat, lebih efisien dan juga lebih kekinian,” katanya.
Ikah mengungkapkan, berbagai persiapan sudah dalam proses diantaranya pengumpulan soal dan kunci jawaban dari guru-guru. Nantinya soal itu akan di input ke dalam aplikasi yang disiapkan oleh teknisi, dan aplikasinya itu akan di sebar ke anak-anak, dan guru selain membuat soal juga membuat kunci jawaban.
“Nantinya guru tidak harus menghitung benar dan salahnya lagi jawaban anak, karena sudah berbasis aplikasi, jadi dia menghitung sendiri dan sekarang masih dalam tahap penyusunan dan penginputan soal ke dalam aplikasi,” kata Ikah.
Ikah menilai, USBN berbasis android lebih praktis dan hemat kertas. Siswa sudah disosialisasikan tentang tata cara pelaksanaan ujian. Diharapkan para siswa bisa lebih termotivasi untuk menggunakan multimedia tidak hanya di sekolah, tetapi di dalam kehidupannya sehari-hari.
“Multimedia itu sangat penting di kehidupan di era milenial ini. Kalau dulu kan masih pakai kertas dan lembar jawaban. Kalau sekarang lebih simpel dan praktis. Semoga pelaksanaannya berjalan lancar tanpa kendala,” tandasnya (job3/sri).

0 Komentar