Maruarar Sirait : Piala Presiden 2019 Tanpa Uang Negara, Emtek Sponsor Terbesar

0 Komentar

KETUA Steering Committee (SC) Piala Presiden 2019, Maruarar Sirait, yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan menyatakan bahwa Piala Presiden 2019 digelar tanpa uang negara. Menurutnya, seluruh pendanaan murni bersumber dari sponsorship.
Hal itu disampaikan Ara, sapaan Maruarar, saat menyampaikan laporan pada pembukaan Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (2/3) lalu. Laga pembuka Piala Presiden 2019 mempertemukan Persib Bandung melawan TIRA-Persikabo
“Kita buktikan industri sepak bola Indonesia kalau transparan dan bersih, sponsor juga berbondong-bondong untuk memberikan sponsornya dalam turnamen ini. Tanpa uang negara, Piala Presiden dapat terselenggara denga baik,” ucap Ara.
Ara juga menyampaikan, bahwa Emtek Group merupakan sponsor terbesar untuk turnamen paling bergengsi ini. Emtek Group Indosiar merupakan perusahaan yg memberikan sponsorship paling besar sejumlah Rp 40 Miliar. Selain itu sponsor lain juga berbondong-bondong ingin mendanai turnamen ini, sehingga untuk turnamen ini tidak perlu menggunakan dana pemerintah.
Sebelumnya, Maruarar Sirait juga menyampaikan turnamen piala Presiden 2019 ini membutuhkan dana Rp 47.5 Miliar. Uang itu digunakan untuk memberikan hadiah kepada juara Turnamen Piala Presiden 2019 ini termasuk matchday fee.
Selain tak menggunakan uang negara, Ara juga menyatakan penyelenggaraan Piala Presiden 2019 diaudit. Hal itu seperti yang dilakukan pada Piala Presiden edisi terdahulu dan sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. “Kami sepakat menaikkan hadiah dari Rp 3,3 Miliar menjadi Rp 3,5 Miliar untuk juara,” ucap Ara.
Piala Presiden diikuti 20 klub yang dibagi menjadi lima grup. Tiap grup diisi empat tim dan bertanding di lima kota berbeda, masing-masing Bekasi, Bandung, Magelang, Sleman, dan Malang. Final Piala Presiden 2019 akan menggunakan format kandang-tandang yang akan digelar pada 9 dan 12 April.
Pembukaan piala Presiden 2019 ini juga dihadiri oleh Menpora Imam Nahrawi, Ketua SC Piala Presiden 2019 Maruarar Sirait, Sekjen PSSI Ratu Tisha, Bupati Bandung Dadang M. Naser dan Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto.
Pada laga pembuka piala presiden 2019 ini, Persib Bandung selaku tuan rumah group A menghadapi PS. TIRA Persikabo yg berkesudahan dengan skor  1-2 untuk PS. TIRA-Persikabo. (tts/sri)

0 Komentar