LIPI Sampaikan Temuan Produk Unggulan untuk Petani Buah dan Sayur

0 Komentar

CIANJUR – Anggota Komisi VII DPR RI, Joko Purwanto bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan edukasi mengenai temuan produk unggulan kepada petani buah dan sayur di Cianjur.
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berharap petani buah dan sayur memiliki pemahaman tentang kemampuan potensi pengelolaan buah dan sayur serta tak menutup diri terhadap ilmu dan teknologi baru.
“Kami juga akan terus melakukan pendampingan, memberi solusi bermanfaat, serta bagaimana agar tingkat pertumbuhan buah dan sayur di Cianjur ini bisa maksimal, kami juga tak lupa memberikan arahan mengenaidistribusi dan pemasarannya,” kata Joko.
Kepala Balai Kebun Raya Cibodas LIPI, R Hendrian mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya kerjasama dengan petani sayur dan buah yang dijembatani oleh Komisi VII DPR RI.
“Secara umum publik mengenal LIPI sebagai lembaga yang diberi amanah mengembangkan dan melakukan penelitian. Hasil penelitian kami akan lebih terasa manfaatnya jika disampaikan kepada masyarakat dan bisa dimanfaatkan,” ujar Hendrian.
Ia berharap, hasil penelitian LIPI mengenai produk unggulan yang dipakai petani bisa memperkuat daya saing di pasar. “Kami akan inventarisir terlebih dahulu apa yang menjadi unggulan petani wilayah utara atau selatan,” katanya.
Menurutnya pemetaan penting dilakukan untuk mengetahui suntikan ilmu pengetahuan apa yang bisa dilakukan untuk daerah tersebut.
“Sehingga akan cocok, produk unggulan hasil penelitian tentu akan berbeda dan harus ditempatkan di daerah yang tepat,” katanya.
Ia mencontohkan wilayah Cianjur utara yang terkenal dengan wisatanya sangat cocok dikembangkan hasil produk unggulan buah dan sayur. (yis/sri)

0 Komentar