Satelit Nusantara Satu, Bukti Keseriusan Pemerintah Menghadapai Era Digital

0 Komentar

SATELIT Nusantara Satu berhasil diluncurkan pada pukul 08.45 WIB atau 22.45 waktu setempat di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Jumat (22/2). Satelit yang memiliki kemampuan akses data lebih cepat dari 4G ini akan mendukung percepatan di sekolah, kantor pemerintahan, dan keamanan.
Satelit Nusantara Satu ini merupakan salah satu infrastruktur “Tol Langit” yang diinisiasi oleh Presiden Jokowi dan diproyeksikan untuk menunjang perkembangan dunia internet di Indonesia, terlebih saat ini start-up dan bisnis e-commerce tengah berkembang pesat di Indonesia.
Peluncuran Satelit Nusantara Satu ini mendapat respon positif dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk Daniel Tumiwa, Pakar E-Commerce Indonesia. Daniel menilai, satelit yang diluncurkan dengan roket Falcon 9 ini patut diapresiasi.
“Presiden melalui Kemenkominfo telah membuktikan kepeduliannya terhadap masyarakat. Dengan “Tol Langit” yang dia buat, tentu akan membuat masyarakat dari Sabang-Merauke memiliki koneksi internet yang cepat dan berdampak baik bagi seluruh aspek kemajuan bernegara,” ujarnya.
Daniel yang merupakan founder Indonesia E-Commerce Association (idEA) ini juga mengatakan dengan satelit ini sekolah dan kantor pemerintahan akan mendapat koneksi internet yang 100x lebih cepat.
“Bayangkan jika nanti setiap sekolah memiliki koneksi internet yang memadai, referensi belajar siswa tentu akan lebih luas,” katanya.
Selain dampak positif yang dirasakan sekolah, masyarakat umum juga akan merasakan benefit dari satelit ini. “Dengan adanya satelit ini, kemungkinan besar spot wifi akan semakin banyak dan tersebar sampai pelosok, dan masyarakat pun nanti tidak perlu lagi antre berjam-jam untuk mengurus administrasi, karena ada pelayanan masyarakat berbasis digital,” tandasnya. (rls/sri)

0 Komentar