Ribuan Peserta Meriahkan Grand Opening Specta

0 Komentar

CIANJUR – Ribuan siswa dan siswi mulai dari tingkat SD/SMP/SMA/SMK dari DKI, Jabar dan Banten turut meriahkan Grand Opening Specta ke-14 yang diselenggarakan SMAN 1 Cianjur, kemarin (18/2). Acara yang bertemakan ‘Astara’ itu juga dimeriahkan aksi teatrikal yang disajikan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis).
Ketua Pelaksana Spekta SMAN 1 Cianjur Yusdi mengatakan, di Spekta yang ke-14 ini adalah even yang luar biasa, karena dari tahun ke tahun memang terus dievaluasi dan berkembang sesuai dengan kreativitas yang ada di anak. Spekta sendiri mempunyai arti dari sport, religion, education and art.
“Ini adalah grand openingnya Specta, dan untuk kegiatannya sebetulnya telah dilaksanakan dari dua minggu yang lalu, dan akan berakhir hingga 9 Maret. Untuk yang mendapatkan juara satu, dua dan tiga akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan dan sertifikat,” kata Yusdi kepada Cianjur Ekspres.
Rangkaian dalam Opening Specta tersebut yakni diawali dengan upacara bendera, sambutan kepala sekolah SMAN 1 Cianjur dengan pesan-pesan yang memang bernuansakan nusantara, penampilan teatrikal yang disajikan oleh anak OSIS bertemakan nusantara.
“Jadi Astara di sini maknanya diambil dari bahasa Yunani yang memang memiliki arti kreativitas yang tidak terbatas, dan tema tersebut juga di bentuk oleh anak-anak OSIS itu sendiri,” katanya.
Spekta adalah salah satu program besar di kepengurusan OSIS yang secara umum di SMAN 1 Cianjur ada dua waktu kegiatan besar seperti Diesnatalis yang sasarannya lebih ke Internal untuk pesertanya. Sementara untuk Specta sengaja dilaksanakan untuk mengakomodir potensi-potensi dari para siswa dengan penyelengara panitia dari berbagai ekskul, yang pesertanya dari SD, SMP dan SMA.
“Ada 23 ekskul dan mereka diberikan keleluasaan untuk menentukan wilayah dan kekuasaan lombanya, sehingga penyelenggaraan Specta tahun ini mempunyai cakupan yang berbeda-beda, ada yang se-Kabupaten Cianjur, se-wilayah II Bogor ada yang se-Provnsi. Yang paling tinggi diselenggarakan oleh pihak ekskul Paskibra melalui kegiatan Gema Paskibra yang tahun ini mengusung tiga wilayah provinsi, yakni Jabar, Banten dan DKI Jakarta,” tuturnya.
Selain itu, Kepala SMAN 1 Cianjur, Haruman Taufik Kartanegara menambahkan, Spekta yang ke-14 ini denga judul astara, dan astara itu menurutnya adalah suatu cahaya dari tanah.

0 Komentar