Tahun Ini, Terminal Cipanas Dibangun

0 Komentar

CIANJUR – Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Umum Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Jekso Ronggo Ardhi mengaku baru akan terealisasi di tahun 2019 ini untuk pembangunan terminal di lokasi Pasar Cipanas.
“Kebetulan kita menggunakan tanah kas Desa Cipanas, dan akan dibangun beberapa tahap sesuai dengan anggaran yang ada,” kata Jekso, kepada Cianjur Ekspres
Jekso mengatakan, bahwa lahan kas desa tersebut sudah dijanjikan oleh Pemedes Cipanas akan digunakan peruntukan terminal angkot sesuai dengan trayeknya masing – masing.
“Jadi kedepannya, semua angkot di Cipanas itu punya terminal dan untuk menurunkan dan menaikkan penumpangnya pun akan dilakukan di terminal tersebut,” ujarnya.
Sebelumnya pihak Dishub dengan pihak desa sudah melakukan koordinasi. Selain itu Dishub akan mencoba kembali melakukan sosialisasi dengan forum lalulintas khususnya untuk penataan di wilayah Cipanas.
“Setelah kita melakukan sosialisasi dengan berbagai stakeholder, maka kita pun akan melaksanakan pembangunan Terminal tersebut,” terang Jekso.
Jekso mengaku dalam waktu dekat ini pihaknya akan kembali mencoba berkoordinasi dengan pemerintahan desa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk menjelaskan fungsional lahan kas desa menjadi terminal.
“Nantinya antara Pemdes Cipanas dan Dishub bentuknya kerjasama dan akan ada kompensasi. Yang pasti hari Jumat (15/2) kita akan datang ke Cipanas untuk membahas tindak lanjutnya,” jelasnya.
Diberitakan sebelumnya, belum adanya terminal Cipanas yang memadai, membuat sopir angkutan umum (Angkum) sembarangan saat mengambil dan menurunkan penumpang. Kondisi ini semakin membuat kesemrawutan Cipanas yang dikenal dengan sebutan kota dolar itu.
Udes (40) salah satu sopir angkutan umum Cipanas – Cianjur mengaku kesulitan untuk mencari tempat turun dan menaikkan penumpang di seputaran Pasar Rakyat Cipanas.
“Sebenarnya dulu itu ada terminal, lokasinya dibelakang Pasar Cipanas. Tapi hingga saat ini belum juga ada kelihatan wujudnya,” katanya, saat ditemui di persimpangan Kimia Farma, belum lama ini.
Udes mengatakan, kalau jam pagi angkot Cipanas – Cianjur tidak lagi bisa naik jalur Tugaran dan keluar di persimpangan Talita Hotel. Namun menurutnya kebanyakan kalau pagi hari lebih memilih untuk mengambil jalur lurus dan langsung muter ke Balakang.

0 Komentar