SMKN 1 Pacet Wakili Cianjur di Ajang Foodex Japan 2019

0 Komentar

CIANJUR – SMKN 1 Pacet menjadi salah satu sekolah di Cianjur yang mengikuti ajang Foodex Japan 2019 di Chiba Tokyo Jepang. Peserta dalam acara tingkat dunia tersebut diseleksi oleh Kementerian Pendidikan melalui Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan ketat.
Kepala SMKN 1 Pacet Ida Yuniati Surtika mengatakan, ada salah seorang siswa kelas XI yang akan mewakili SMKN 1 Pacet untuk ajang tersebut. Siswa tersebut adalah Ajeng Adinda Sari dengan pendampingi guru pembimbing dan dirinya sebagai kepala sekolah.
“Kami akan mengikutinya bulan Maret mendatang, sebelumnya kami sudah dinyatakan lulus penilaian dari kementrian saat bulan November dan Desember lalu,” ungkapnya.
Ia mengatakan, pada ajang tersebut, pihak sekolah memberangkatkan guru pembimbing dan siswi yang terpilih. “Rencananya kami akan berangkat tanggal 3 Maret sampai 8 Maret nanti, termasuk saya kepala sekolah. Diharapkan bisa membawa nama baik SMKN 1 Pacet yang mewakili Kabupaten Cianjur dan negara Indonesia,” katanya.
Ida juga menambahkan, produk makanan unggulan yang diproduksi di sekolah yang dipimpinya seperti jahe merah, bandrek yang desain jurusan TKJ, dan bekerjasama dengan agrobisnis pengolahan hasil pertanian bandrek jempol. “Jadi sekitar 13 jenis produk yang dihasilkan dari olahan singkong savana juga,” ujarnya.
Untuk produk olahan tersebut, menurutnya, sudah dikirim ke wilayah Bandung dan daerah lainnya, yang bekerjasama dengan pihak sekolah. Hanya untuk sementara waktu, yang sudah berjalan lama dari produksi makanan seperti dodol wortel, minuman carrota wortel dengan jeruk lemon.
“Hal ini bisa mendorong SMKN 1 Pacet memiliki usaha yang riil serta memasuki dunia kerja siswa yang mampu wirausaha dengan mandiri,” pungkasnya. (yis/sri)

0 Komentar