Ngurus Adminduk, Jangan Melalui Calo

0 Komentar

CIANJUR – Adanya calo yang memanfaatkan momen untuk membantu mengurus dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pecanatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur benar-benar meresahkan masyarakat. Harus ada penertiban secara masif agar praktek percaloan tersebut bisa hilang dari pelayanan kantor tersebut.
Kepala Bidang Pelayanan Penduduk, Disdukcapil Cianjur Ahmad Husein mengatakan, selama ini pihaknya tidak pernah memungut biaya dari warga pemohon administrasi kependudukan. Bahkan beberapa waktu lalu, pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkiat di pemkab dan Polres Cianjur, telah melakukan razia terhadap calo yang masih berkeliaran di lingkungan kantornya.
“Sosialisasi terkait tidak dipungut biaya untuk pengurusan administrai kependudukan dan razia calo kerap kali dilakukan, namun hingga saat ini mereka beroperasi secara sembunyi-sembunyi,” katanya.
Untuk menghindari calo, pihaknya setiap harinya melalui pengeras suara dan baligo imbaun yang terpasang di sejumlah sudut, meminta warga tidak mengunakan calo dalam mengurus surat-surat karena semua sudah gratis.
“Upaya kita lakukan, agar warga yang mengurus dokumen kependudukan itu datang langsung, tidak melalui perantara, apalagi itu calo,” tegasnya.
Sebelumnya, kendati Polsek Karangtengah pernah mengamankan sejumlah calo yang yang beroperasi di lingkungan Disdukcapil, namun praktek percaloan tersebut tak pernah jera. Terbukti masih saja calo-calo itu mencari mangsa dengan menawarkan jasa, tentu dengan membayar sejumlah biaya. (bay/red)

0 Komentar