Cianjur Selatan Butuh Layanan Damkar

0 Komentar

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal membuat kantor layanan pemadam kebakaran di Cianjur selatan, tepatnya di Campaka dan Sindangbarang. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir dampak kebakaran di wilayah tersebut.
Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur, Muzani Saleh mengatakan, saat ini kantor pelayanan Damkar baru ada di perkotaan, Cipanas, Ciranjang, Cikalong, dan Cibeber.
“Masing-masing ada satu unit damkar, khusus di kantor layanan utama ada beberapa unit mobil damkar,” kata Muzani kepada Cianjur Ekspres, Rabu (6/2).
Menurutnya, Cianjur selatan juga dinilai perlu untuk disediakan kantor layanan Damkar, mengingat potensi kebakaran cukup tinggi. Berbeda dengan wilayah kota yang kebakaran didominasi pemukiman, Cianjur selatan banyak terjadi kebakaran lahan.
“Itu yang perlu diantisipasi, jadi selain pemukiman juga untuk menangani kebakaran lahan,” kata dia.
Muzani menambahkan, perencanaan pembentukan kantor layanan Damkar di Cianjur selatan sudah ada, namun masih perlu ditindaklanjuti untuk memastikan pelaksanannya.
“Kemungkinan ada perubahan lokasi, termasuk rencana yang Campaka itu pemindahan dari Cibeber. Apakah jadi atau pembentukan kantor sendiri itu tergantung nantinya,” kata dia.
Di samping itu, pihaknya masih mempersiapnkan alat, kendaraan, hingga personel. Rencananya di 2019 ini akan ada penambahan beberapa unit mobil damkar dan sejumlah petugas.
“Mempersiapkan kantor baru itu kan juga harus dengan alat, kendaraan dan petugasnya. Maka dari itu kami siapkan dulu sebelum kantor layanannya ada,” pungkasnya.(bay/sri)

0 Komentar