Warga Tionghoa Cianjur Sambut Tahun Baru Imlek

0 Komentar

MENYAMBUT Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 22 Februari mendatang, warga Tionghoa melakukan persembahyangan dan membersihkan rupang-rupang atau Cap Ji We Dji Sih di Vihara Tridharma, Jalan Hos Cokroaminoto Cianjur, Selasa (29/1).
Ketua Majlis Vihara Tridharma Cianjur, Tedi Suherman atau yang kerap di sapa Ko Weweh mengatakan, persembahyangan tersebut adalah tahap awal untuk melaksanakan persembahyangan di tahun baru Imlek.
“Jadi ini disebutnya Cap Ji We Dji Sih, atau membersihkan rupang-rupang semua patung yang ada di Vihara ini,” kata Tedi kepada Cianjur Ekspres.
Ko Weweh menjelaskan, kegiatan tersebut sudah sesuai dengan tradisi sejak nenek moyangnya, yang mana Cap Ji We Dji Sih melaksanakan pembersihan rupang-rupang untuk awal dari pada kegiatan tahun baru Imlek yang akan datang.
“Kami mengharapkan kami untuk komunitas orang Tionghoa khususnya, semoga saja setelah melaksanakan pembersihan rupang ini banyak yang membantu. Karena biasanya orang selalu berduyun-duyun mengikuti pembersihan rupang-rupang ini, karena menurut kepercayaan dari dahulu ini suka membawa hoki, atau rejeki dan kesehatan,” pungkasnya (adv/job3/sri).

0 Komentar